Salam

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat Datang dan Bergabung dengan Saya...! Semoga Blog ini Bisa Menambah Wawasan Kita. Kritik dan Saran yang Membangun sangat Kami Harapkan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Rabu, 09 April 2014

TEKNIK PENULISAN JUDUL

PENULISAN JUDUL KARYA TULIS
Penulisan judul karya tulis merupakan materi yang sering muncul pada Ujian Nasional. Namun masih banyak siswa yang belum paham bagaimana teknik penulisan judul yang benar. Berikut ini saya sajikan ketentuan dan teknik penulisan judul yang benar menurut Ejaan yang Disempurnakan. 

  1. Konsep umum yang harus kita pahami dalam penulisan judul adalah “Setiap kata diawali dengan huruf kapital kecuali kata depan (preposisi) dan kata sambung”
Kata depan dan kata sambung yang terletak di tengah tidak ditulis dengan huruf capital. Namun jika kata depan dan kata sambung tersebut terletak di awal, maka penulisannya harus dengan huruf kapital.
Yang termasuk kata depan: di, ke, dari, pada, kepada, daripada, terhadap, …

    Contoh :
            1.    Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN Serpong
      2. Dari Balik Jeruji Besi
      3. Keluhan Nelayan terhadap Kelangkaan Solar
           Yang termasuk kata sambung: dan, untuk, sebagai, atau, yang, karena, sebab, antara, padahal,         dalam, bahwa, tetapi, bila, apabila, juga, walau, walaupun, meski, meskipun, dengan, biarpun, jika,         jikalau, kalau, maka, sehingga, oleh, serta, akan, kalaupun, pun, bagi, ...
Contoh:
1.    Perjuangan untuk Bangsa
2.    Moral sebagai Ujung Tombak Perubahan
3.    Antara Cinta dan Dusta

2. Jika dalam judul terdapat kata ulang maka harus kita perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1.    Kata ulang yang berupa kata dasar (pengulangan kata dasar) maka penulisannya harus menggunakan huruf capital pada huruf pertamanya.(1 )
2.    Kata ulang berimbuhan kata pertama penulisannya menggunakan huruf capital sedangkan kata keduanya menggunakan huruf kecil.(2 dan 3)

           Contoh:
1.    Pendidikan Moral untuk Anak-Anak Sekolah Dasar
2.    Menari-nari di Atas Penderitaan Orang Lain
3.    Bekerja Terus-menerus demi/untuk Kemajuan Bangsa




4 komentar:

Setelah membaca blog ini, harap meninggalkan komentar, tentu yang bersifat membangun.