KEMENTERIAN AGAMA
REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA TANGERANG SELATAN
Jalan Raya Serpong
Ds. Kademangan RT.03/03 Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan
Telepon :
021-5763915, Email: manserpong@yahoo.com
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Program : IPA/IPS
Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab
soal no. 1 s.d 2!
(1) Hasil perhitungan sernentara menunjukkan bahwa
Rp3-4 triliun dapat digunakan untuk menutupi
kebutuhan operasional di PTN. (2) Angka sebesar itu dapat menutupi biaya di luar SPP, di antaranya uang
gedung dan pengembangan. (3) Itulah
sebabnya semua mahasiswa PTN nanti hanya membayar SPP karena uang gedung
dan pengembangan sudah ditutupi anggaran pemerintah melalui Bantuan Operasional
PTN. (4) Kebijakan itu tidak memiliki payung hukum UU Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang baru disahkan pada 13 Mei
2012. (5) Ke depannya, sebanyak 92
PTN di Indonesia akan membiayai kebutuhan riset, beasiswa dosen, dan pembangunan gedung dari BO PTN.
1.
Arti istilah riset pada paragraf tersebut adalah....
A. pertemuan ilmiah untuk mencari
ilmu pengetahuan
B. penelitian suatu
masalah secara sistematis
C. pertemuan ilmiah untuk menemukan fakta
D. perdebatan untuk menentukan suatu
pendapat
E. pengembangan hasil penafsiran
fakta
2.
Kalimat fakta terdapat pada nomor....
A. (l)dan(2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (5)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
3. Perhatikan teks berikut!
Lahan untuk industri dapat menggunakan lahan tandus.
Pemerintah membangun infrastruktur di lahan tandus untuk mendukung kebutuhan
industri. Pembangunan infrastruktur tersebut
tidak mengambil lahan pertanian produktif. Lahan produksi umumnya memiliki infrastruktur baik. Dengan
begitu, tujuan sebesar-besarnya kemakmuran
rakyat dapat tercapai.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut
adalah ...
A. Mengapa pemerintah
membangun infrastruktur untuk industri?
B. Kapan lahan tandus dapat
dijadikan lahan industri?
C. Berapa luas lahan tandus untuk
sektor industri?
D. Dimana letak lahan produktif
pertanian?
E. Siapa yang pernah merasakan
kemakmuran industri?
4.
Cermati teks berikut!
Problema kurang nafsu makan
sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang
nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.
nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.
problema
kurang nafsu makan pada anak
B.
perilaku anak
kurang nafsu makan
C.
cara mengatasi kurang nafsu makan
D.
suasana makan yang menyenangkan
E.
jangan ada paksaan agar anak mau makan
5. Cermati teks berikut!
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan
Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan
menjangkau Penyandang Masalah
Kesejahteraan Sosial (PMKS). Anak putus sekolah akan mendapatkan bantuan KIP
dengan harapan mereka dapat melanjutkan pendidikan. KIP juga dirancang untuk
menjangkau anak jalanan atau anak telantar. Pemerintah berharap dana tersebut
bisa digunakan untuk pelatihan, terutama bagi anak jalanan dan aak telantar yang tidak ada motivasi ke
sekolah.
Apa harapan pemerintah terhadap anak jalanan dari KIP?
A.
Anak
jalanan memiliki motivasi untuk sekolah.
B.
Anak jalanan
dapat melanjutkan pendidikan.
C.
Anak jalanan
pandai mengelola uang sendiri.
D.
Anak jalanan
semakin rajin pergi ke sekolah.
E.
Anak jalanan
mendapatkan peralatan dari dinas sosial.
6. Cermati teks berikut!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat,
lebih
disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan,
beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan
hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa
Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja, menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani oleh pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan,
dan profesional.
disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan,
beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan
hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa
Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja, menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani oleh pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan,
dan profesional.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam
paragraf tersebut adalah ….
A.
(1) B. (2) C. (3) D.
(4) E. (5)
7. Cermati teks berikut!
(1) Antara Indonesia dan Malaysia
sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. (2) Di satu sisi, sebagai
sebuah negara yang sedang giat- giatnya membangun, Malaysia sangat membutuhkan
tenaga kerja dari Indonesia. (3) Kebutuhan tenaga kerja tidak bisa dicukupi oleh tenaga
kerja yang ada di Malaysia.(4) Di sisi
lain, angka pengangguran di Indonesia sendiri tinggi sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit. (5) Sedikit demi
sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya
menjadi sejahtera.
Kalimat utama paragraf tersebut
adalah kalimat nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
8. Cermati teks berikut!
Upaya serius penanggulangan banjir terus dilakukan
oleh Pemeritah Provinsi DKI Jakarta
beserta Kementerian Pekerjaan Umum. Namun, program tersebut belum sepenuhnya
menjamin ibukota negara dan daerah sekitarnya bebas banjir pada musim hujan
mendatang. Projek penanggulangan banjir
Jakarta, seperti pengerukan Kali Pesanggrahan, Angke, dan Sunter, baru
berjalan separuhnya. Kendala utamanya
adalah pembebasan lahan. Dikhawatirkan pengerukan sungai ini akan melambat
mengingat pengerukan sudah hampir masuk ke lahan yang harus dibebaskan. Jika
pembebasan lahan bermasalah, banjir yang biasa melanda sebagian wilayah Jakarta
akan berpotensi terulang kembali.
Kemudian, siapa yang bertanggung jawab atas pembebasan lahan ini?
Tujuan penulis sesuai dengan paragraf tersebut adalah
. . .
A. Menginformasikan bahwa beberapa
wilayah di Jakata tidak akan mengalami banjir pada tahun 2013-2014 ini.
B. Menjelaskan bahwa Pemprov DKI dan
Kementerian PU bekerja sama mengeruk kali-kali di Jakarta.
C. Menginformasikan bahwa Pemprov DKI
dan Kementerian PU masih terus berusaha menanggulangi banjir.
D. Menyampaikan kekhawatiran tidak bisa
dilakukan pengerukan kali-kali di Jakarta.
E. Mengimbau para pemilik
lahan agar tidak menghalang-halangi pembebasan lahan banjir.
9.
Perhatikan teks berikut!
Sejak memulai erupsi lebih dari
beberapa waktu lalu, letusan Gunung Barujari dominan mengeluarkan kepulan abu.
Letusan tersebut diikuti aliran lava serta memuncratnya material pijar mirip
kembang api. Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana
Geologi, Badan Geologi, terkahir ketinggian kolom abunya antara 200 meter
sampai 500 meter.
Kata tersebut pada kalimat kedua
merujuk pada ….
A. waktu erupsi
B. gunung Barujari
C. kepulan asap
D. aliran lava
E. material pijar
10.
Perhatikan kedua teks berikut!
Teks I
Menteri Pertanian, Andi Amran
Sulaiman, menegaskan tidak ada rencana penghapusan subsidi pupuk. Pemerintah
akan melakukan pembenahan mekanisme penyaluran bantuan kepada petani secara
keseluruhan. Langkah awal yang akan dilakukan adalah menggulirkan bantuan
dengan nama subsidi harga.
Teks II
Pemerintah berencana akan merubah
cara kerja penyaluran bantuan pupuk pada tahun 2016. Bantuan pupuk tersebut
akan diberikan secara langsung kepada petani yang termasuk rumah tangga miskin.
Pemerintah akan memberikan uang tunai untuk pembelian pupuk.
Perbedaan penyajian bahasa dalam
kedua teks tersebut adalah ….
|
Teks I
|
Teks II
|
A
|
Menggunakan kosa kata lugas dan
baku
|
Menggunakan kosa kata kias dan
tidak baku
|
B
|
Menggunakan bahasa mudah dipahami
dan tidak baku
|
Menggunakan bahsa berbelit-belit
dan baku
|
C
|
Menggunakan kosa kata ilmiah
|
Menggunakan kosa kata popular dan
tidak baku
|
D
|
Menggunakan kosa kata
serapan bahasa asing dan baku
|
Menggunakan kosa kata
asli bahasa Indonesia dan tidak baku
|
E
|
Menggunakan kalimat efektif dan
baku
|
Menggunakan kalimat tidak efektif
dan baku
|
11. Perhatikan teks negosiasi (dialog) berikut!
Satpol
PP :
“Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah, akan menggusur wilayah ini”
Warga : “Loh kok, Pemerintah
tidak memberitahukan informasinya terlebih dahulu, bahwa wilayah ini akan
digusur.“
Satpol
PP :
“Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga
terlebih dahulu, jadi sekali lagi maaf ya pak.”
Warga
: “Kalau begitu tidak
bisa Pak, kami bakalan mencegah semua aktivitas penggusuran, sampai
kami mendapatkan tempat tinggal baru yang bisa kami tempati”
Satpol
PP :
“Oo, ya sudah, kami akan datang kembali jika semua warga sudah mendapatkan
tempat tinggal”
Warga
: “Oke, terima kasih
Pak”
Hal yang diungkapkan dalam dialog tersebut adalah …
A. Pertengkaran Satpol PP dengan warga masyarakat.
B. Satpol PP membongkar paksa wilayah warga.
C. Warga pasrah menerima kenyataan.
D. Kesepakatan antara warga dengan Satpol PP.
E. Satpol PP menjalankan tugas Pemerintah.
12. Cermati teks berikut!
Limbah
elektronik di Indonesia menjadi ancaman yang serius. Hal ini diperparah oleh
masuknya elektronik bekas dari negara asing melalui Pulau Batam dan Kepulauan
Wakatobi di Indonesia bagian timur. Selain itu, negara Indonesia termasuk salah
satu negara tujuan pembuangan alat
elektronik yang sudah habis masa pakainya. Limbah berupa komputer, televisi,
kulkas, AC, radio tape, dan telepon seluler hanya sebagian kecil yang dapat
didaur ulang berupa plastik dan logam. Akan tetapi, komponen lainnya berupa
logam berat merupakan limbah bahan berbahaya
dan beracun (B-3) misalnya: tabung sinar katode mengandung oksida timbal
, papan rangkaian elektronik mengandung logam berat seperti antimoni, krominum,
timbal, perak, dan tembaga. Menurut Asisten Deputi Urusan Pengelolaan dan
Limbah B-3 manufaktur dan Agroindustri KLH,
jumlah limbah elektronik belum bisa diperkirakan dan penanganannya belum jelas.
Simpulan paragaraf tersebut adalah …
A. Indonesia menjadi salah
satu tujuan pembuangan elektronik bekas yang sudah habis masa pakainya, hal ini
harus dicegah.
B. Menurut Asisten Deputi
Urusan Pengelolaan dan Limbah B-3 Manufaktur dan Agroindustri KLH, penanganan
limbah industri belum jelas.
C. Limbah elektronik merupakan bahan berbahaya
dan beracun yang penanganannya belum jelas.
D. Limbah elektronik di
Indonesia menjadi ancaman yang serius karena berbahaya dan sulit dideteksi.
E. Limbah elektronik di
Indonesia hanya sebagian kecil yang dapat didaur ulang berupa plastik.
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan
nomor 12!
Turunya
debit air dalam hitungan bulan, tampaknya
akan menjadi pembenaran terhadap prediksi beberapa kalangan tentang
krisis air yang akan melanda kota Ambon dalam jangka waktu panjang. Rusaknya
hutan, dan kian hilangnya daerah resapan akan menjadi faktor utama menurunnya
debit air di ibu kota Provinsi Maluku ini.
Musibah
kebakaran hutan Ahuru Desa Batu Merah menambah beban persoalan air di kota
Ambon. Dalam waktu yang bersamaan , debit air di lokasi Arbes turun beberapa
sentimeter, sesuai dengan pengukuran yang dilakukan oleh PT DSA. Selain Desa
Batu Merah, di lokasi Gunung Nona, Kudamati, juga mengalami persoalan yang
sama.
Jika tidak
ada upaya penanaman kembali atau reboisasi pada daerah-daerah yang sudah
mengalami kegundulan, dan upaya pelarangan terhadap masyarakat yang membangun
pemukiman di wilayah serapan air, kita akan mengalami kelangkaan air bersih
sebabagai benda yang tidak dapat diperbaharui.
13. Opini penulis yang terdapat dalam kutipan
tajuk rencana tersebut adalah …
A. Pelarangan terhadap
masyarakat yang membangun pemukiman di wilayah serapan air.
B. Prediksi tentang krisis
air akan melanda Kota Ambon dalam jangka waktu panjang.
C. Rusaknya hutan menjadi
faktor utama menurunnya debit air di ibu kota Provinsi Maluku.
D. Kebakaran hutan Ahuru
Desa Batu Merah menambah beban persoalan masalah air di kota ini.
E. Debit air di lokasi Arbes
turun beberapa sentimeter sesuai pengukuran oleh PT DSA.
14. Pihak yang dituju dalam kutipan tajuk rencana tersebut
adalah ….
A. Pemerintah setempat
B. Anggota dewan
C. Masyarakat sekitar
D. Manajemen PT DSA
E. Kontraktor
Cermati penggalan biografi berikut untuk menjawab soal
nomor 13 dan nomor 14!
Tahun
1960-an Pramudya Ananta Toer ditahan oleh pemerintahan Soeharto karena
pandangan pro-Komunis Chinanya. Ia ditahan di Pulau Nusakambangan dan Pulau
Buru tanpa proses pengadilan. Selama masa penahanan di Pulau Buru ia dilarang
menulis buku. Namun, akhirnya bisa menulis kembali setelah memperoleh pena dan
kertas. Apalagi ada tahanan lain yang menggantikan
pekerjaannya. Selama dalam penjara (1965-1979) ia menulis empat rangkaian novel
sejarah yang kemudian semakin mengukuhkan reputasinya. Dua di antaranya, Bumi
Manusia (1980) dan Anak Semua Bangsa ( 1980), mendapat perhatian dan kritikan
setelah diterbitkan, dan pemerintah membredelnya. Dua volume lainnya dari
tetralogi ini, Jeiak Langkah dan Rumah Kaca terpaksa dipublikasikan di luar
negeri.
Karya
ini menggambarkan secara komprehensif tentang masyarakat Jawa ketika Belanda
masih memerintah di awal abad-20. Sebagai perbandingan dengan karya awalnya,
karya terakhirnya ini ditulis dengan gaya bahasa naratif yang sederhana.
Sementara itu, enam buku lainnya disita oleh pemerintah dan hilang untuk
selamanya.
15. Hal yang istimewa pada diri tokoh
Pramudya Ananta Toer adalah ...
A. Saat dipenjara, ia tetap
menulis dan mampu menghasilkan beberapa karya sastra berbobot.
B. Gaya bahasa yang digunakan pada
karya-karya terakhirnya adalah naratif yang sederhana.
C. Karya yang ditulisnya menggambarkan
masyarakat Jawa ketika Belanda memerintah di awal abad-20.
D. Buku-bukunya banyak disita oleh
pemerintah Belanda dan hilang untuk selamanya.
E. Dua karyanya mendapat perhatian dan
kritikan setelah pemerintah membredelnya.
16. Masalah apa yang dihadapi tokoh dalam
penggalan biografi tersebut?
A.
Pramudya
hanya bercerita tentang masyarakat Jawa di zaman Belanda.
B.
Dua
karya Pramudya yang dipublikasikan di luar negeri hilang.
C.
Empat
rangkaian novel sejarah karya Pramudya mendapat kritikan.
D.
Pramudya
kehilangan dua buah novel dan enam buku lainnya.
E.
Pramudya dilarang menuangkan pikirannya dalam tulisan.
Cermati penggalan novel berikut! (untuk soal nomor 15
dan 16)
Hingga belasan tahun usia
pernikahan kami. Hingga aku tidak kunjung hamil. Kecemasan itu mulai timbul.
Ah, sederhana sekali kenapa kecemasan
itu datang, buat apa suamiku bekerja siang-malam jika tidak aka nada yang
mewarisi seluruh kekayaan ini. Terputusnya garis keturunan keluarga. Kenyataan
itu membuatnya cemas. Dan begitu juga aku, lebih cemas lagi. Dia berusaha
menenangkan siang-malam. Ah, di luar segala tabiat buruknya, suamiku amat
mencintaiku, aku tahu itu.
17. Watak tokoh suami dalam kutipan tersebut adalah ….
A. Pendiam
B. Bimbang
C. Tegas
D. Pemarah
E. Penyayang
18. Pendeskripsian watak tokoh aku atau istri seorang
pencemas dalam kutipan tersebut melalui ….
A. Pandangan tokoh lain
B. Pikiran tokoh
C. Dialog antar tokoh
D. Bentuk fisik tokoh
E. Lingkungan sekitar
19. Cermati teks
berikut!
Hasan
kembali lagi kepada sikap seperti semula. Melengkung lagi pinggangnya. Tapi
tangannya berkepal. Dan giginya berderik-derik. “Ya, Si Anwar dan Ruslilah yang
telah menyesatkan daku! Mereka yang membikin aku bentrokan dengan ayahku
sendiri! Mereka yang terkutuk! Mereka yang harus kuhancurkan!”
Tangan
Hasan yang kurus kering itu berkepal-kepal dan meninju-ninju pahanya sendiri.
Cemas ia. Maka terbayang-bayanglah lagi Anwar
dengan jilatan matanya yang penuh nafsu birahi terhadap istrinya.
Terbayang lagi khayal tentang hubungan istrinya di belakang punggungngnya,
kalau ia sedang di kantor. Etc…Etc, “Si Anwar! Chih!”
Panas
terasa dalam dadanya rasa terbakar api neraka. Berputar-putar segala dalam
kepalanya. Serasa mau lari ia.! Entah ke mana! Serasa mau menjerit-jerit pula!
Entah untuk apa! Terasa olehnya air matanya mencekik lehernya. Tapi dengan
sekuat tenaga ia mau menenangkan hatinya. Beberapa kali ia menarik nafas
panjang.
Tak tahan
lagi ia. Air matanya yang selama ini ditekan-tekannya, tidak dengan
diinsyafinya lagi sudah berderai-derai di tas pipinya, berjatuhan di atas
pangkuannya.
(Atheis,
Achdiat Karta Miharja)
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel
tersebut adalah …
A. Perasaan marah dan dendam
Hasan pada Anwar dan Rusli.
B. Penyesalan Hasan atas
perbuatannya pada Anwar.
C. Rasa berdosa Hasan pada
orang tuanya.
D. Perasaan bersalah Hasan
pada istrinya.
E. Rasa takut Hasan bertemu
dengan Rusli.
20. Cermati teks
berikut!
“Tenanglah dan percayalah
padaku, aku telah menakarnay sesuai dosis, jadi aku telah menaruh kadar yang
cukup dan tidak membahayakan, hanya membuat kita nyaris mati tetapi tidak mati.
Aku harus bergabung dengan para sipir, agar aku terhindarbdari dakwaan.”
“Tetapi…”
“Tenanglah,! Paling aku nanti
dirawat di rumah sakit selama sebulan, stelah itu aku akan kembali sehat.”
Amanat yang sesuai dengan
penggalan novel tersebut adalah …
A. Kebiasaan buruk harus segera ditinggalkan.
B. Setiap orang harus berani mengambil risiko.
C. Seseorang tidak boleh menyia-nyiakan waktunya
D. Jika sakit, seorang harus dibawa ke dokter.
E. Kerja keras adalah kunci utama kesuksesan.
21. Cermati teks berikut!
(1) Asih menunggu makian suaminya, namun apa yang
diharapkannya itu tidak kunjung tiba.
(2) Asih justru mendapati suaminya berjongkok dan
mengangkatnya sendiri.
(3) “Istiqfar…,” bisik Maman dengan suara tercekat.
(4) Laki-laki itu kemudian bergegas membuka pintu dan
duduk terpekur hingga subuh menjelang.
(5) Setelah sholat subuh, seperti biasanya Maman berangkat
mengojek.
(6) Dua hari Maman tidak berangkat bekerja karena
kedatangan Asih. Maman tidak berpamitan kepada Asih karena ia tidak tega
membangunkan istrinyayang masih terlelap memeluk Dini.
Nilai religi dalam kutipan
cerpen tersebut dibuktikan pada kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (5) dan (6)
22. Cermati teks berikut!
(1) Dia tersenyum, mungkin
dia teringat satu pengalaman waktu dia naik taksi bersama keluarga. Waktu itu
hujan lebat. Lampu lalu lintas di perempatan jalan dari arah taksi yang dia
naiki sedang berwarna merah. Dia coba uji ketaatan si sopir.
(2) “Tidak ada kendaraan yang
melintas. Aman. Kebut saja, Pak.”
(3) “Jangan. Saya patuh
peraturan. Tidak Bapak lihat polisi di bawah hujan lebat itu. Dia memberi
hormat kepada kita di bawah guyuran hujan. Lihat di sebelah kiri di depan
kita.”
(4) “Aku lihat. Langgar saja!
Itu kan sebuah patung.”
(5) “Jangan. Tunggu hijau.
Hormati polisi patung itu. Dia diletakkan untuk mengingatkan para pengguna
jalan agar disiplin di jalan raya.”
(6) Dia sebagai polisi yang
tidak mengenakan pakaian dinas puas mendengar apa yang dikatakan sopir taksi
itu.
(7) “Ada satu lagi polisi
yang berisiko kalau kita tidak mengindahkannya walau sebenarnya dia tidak
berjaga.”
(8) “Polisi apa itu?”
(9) “Polis tidur.”
Kalimat yang mendukung perwatakan sopir taksi
yang taat diungkapkan dalam kalimat nomor ….
A. (2), (3), dan (5)
B. (2), (5), dan (6)
C. (3), (4), dan (6)
D. (3), (5), dan (7)
E. (4), (6), dan (7)
23. Cermati teks berikut!
(1) Ketika itu sore-sore, aku
pergi ke dokter karena terserang flu. (2) Di ruang tunggu sudah banyak pasien
yang menunggu giliran pemeriksaan. (3) Kebetulan aku mendapat tempat duduk yang
kosong di dekat seorang perempuan. (4) Wajahnya pucat dan duduknya merapat pada
seorang laki-laki berkulit kuning. (5) Mereka bercakap dengan akrab. (6) sambil
menunggu giliran diperiksa, iseng-iseng aku mengambil majalah yang tersedia di
ruang itu, namun tidak ada artikel yang menarik, maka najalah itu pun
kuletakkan kembali pada tempatnya semula. (7) Pada saat itulah perempuan yang
duduk di dekatku bertanya : “Apakah Bapak masih mengajar di SMA?” (8) “Masih.
Eh, dari mana Saudara tahu saya ini guru?”
Kalimat pembuktian latar tempat sesuai
kutipan cerpen tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)
E. (7) dan (8)
24. Cermati teks berikut!
Tinggallah di rumah kami, Kak! kalau sudah
sembuh benar kau boleh kembali,” kata Emak Rohani, tetangga yang sering
mengupah dia menyiangi sawah dan kebun, ketika beberapa hari lampau jumpa
waktu turun ke air. Emak Rohani ini amat baik padanya, begitu baik meski tahu
dia suka menyembunyikan sesuatu untuk dibawa pulang cabe, kacang panjang, daun
singkong, jantung pisang, mentimun, semangka, dan labu. Bahkan ketika disuruh
menolong di depan ketika kenduri. Emak Rohani pun tersebut sendiri melihat
bagaimana dia diam-diam membuntalkan
paha ayam lemang atau kelamai pada belitan kain panjangnya, lalu buru-buru
permisi pulang sebentar.
Dalam kehidupan di masyarakat, nilai sosial
yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
- sesama
tetangga harus saling memberi
- hidup tolong
menolong
- kita harus
jujur
- kebaikan
hati pada teman
- manusia
harus tabah dalam menjalani hidup
25. Cermati penjelasan berikut!
Novel
Ayat-Ayat Cinta ditulis oleh seorang novelis sekaligus sarjana lulusan
Universitas Al Azahar, Habiburahman El Shirazy, yang lebih akrab disapa Kang
Abik. Novel ini merupakan sebuah novel roman Islam yang ada selama ini. Dalam
novel ini pembaca dapat menukar nilai-nilai yang bermanfaat baik dari segi
nilai ajaran agama, khususnya Islam, hubungan sosial dan budaya, maupun masalah
percintaan remaja.
Kang
Abik juga menulis novel-novel Islami lainnya seperti Ketika Cinta Bertasbih,
Cinta Suci Zahrana, dan Iain-lain.
Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut yang tepat adalah...
- Novel Ayat-Ayat Cinta ditulis
oleh seorang novelis sekaligus sarjana lulusan Universitas Al Azahar,
bernama Habiburahman El Shirazy.
- Banyak hal yang dapat pembaca
temukan dalam novel ini karena banyaknya hiburan bermanfaat.
- Seperti novel lainnya, novel
ini kurang menggali ajaran agama, khususnya Islam, dan hubungan sosial dan
budaya.
- Ayat-ayat
Cinta sebuah novel Islami yang menyajikan nilai-nilai ajaran agama Islam
dengan gaya artistik yang berbeda dengan novel yang sejenisnya.
- Dalam novel Ayat-Ayat Cinta juga disajikan masalah percintaan dalam kehidupan kaula muda.
26. Cermati paragraf berikut!
"Maaf
Bu, seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebentar, saya buka-buka
buku paket Ibu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja
saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut." Ujar Teja sambil
terisak-isak memberi keterangan dengan lugunya. Wajahnya ia tutup dengan kain
sarung bututnya penuh rasa bersalah.
Kalimat
kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah...
- Cerpen menceritakan kehidupan guru
di pedesaan dengan segala permasalahannya.
- Cerita ini sebenarnya menarik.
Namun dalam kenyataan, mungkinkah seorang murid berani membuka-buka buku
milik guru, apalagi dengan tujuan menyontek. Bagian ini jelas menunjukkan
kurang logisnya jalinan cerita yang disajikan.
- Bahasa yang digunakan pengarang
sangat sederhana. Dengan menggunakan bahasa sehari-hari cerpen mudah
diikuti jalinan ceritanya.
- Tokoh Teja
diceritakan dalam cerpen ini sebagai seorang siswa yang berani, kurang
jujur, tetapi sangat
menyayangi gurunya. Ia
sangat sedih ketika mengetahui bahwa gurunya akan
pindah.
- Kisah kehidupan di desa memang
sangat menarik untuk disimak, apalagi cerita yang diangkat cerpen ini
menceritakan konflik batin seorang guru yang berasal dari kota, namun
ditugaskan di desa.
27. Cermati teks esai berikut!
Novel
Atheis ini sangat menarik, berlatar budaya daerah Priangan, Jawa Barat, pada
masa perang dunia kedua. Inti permasalahan dalam novel ini menyajikan benturan
dua dunia, yaitu antara "dunia lama" dengan "dunia modern".
Dunia lama diwakili oleh segolongan masyarakat yang masih menganut paham
tradisional dengan pola pikir kosmosentris, taat beribadah kepada Tuhan, dan
sangat religius. Dunia modern diwakili oleh sekelompok masyarakat yang menganut
paham kebudayaan modern dengan pola pikir antroposentris, agresif, dan atheis.
Posisi tokoh utama Hasan berada dalam situasi terjepit antara dua dunia dengan
perangkat nilai yang berbeda.
Kalimat
esai yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah...
A.
Ketidakmampuan
Hasan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman yang penuh dinamika mencerminkan
ketidakmampuan bangsa yang tidak bisa
beradaptasi dengan dunia modern.
B.
Pemerintah
RI baru memberikan penghargaan kepada novel Atheis pada tahun 1969 sebagai
Hadiah Tahunan Pemerintah RI kepada pengarangnya, Achdiat K. Mihardja.
C.
Cukup
membanggakan dan menggembirakan bahwa Atheis merupakan novel Indonesia yang
pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh seorang warga negara
Australia dan di terima oleh UNESCO.
D.
Rumah
tangga Hasan dan Kartini tidak bahagia dan tidak berlangsung lama karena mereka
sama-sama menjadi manusia modern yang ingin bebas bergaul dengan siapa saja
tanpa batas-batas norma kesusilaan dan agama.
E.
Unsur ketuhanan dianggap sebagai belenggu yang mengekang gerak
kebebasan dan membatasi kemerdekaan diri sehingga kaum Atheis mengganggap agama
sebagai belenggu dan racun dunia yang harus dimusnahkan.
28. Cermati teks rumpang berikut!
Kegiatan Ekstrakurikuler
adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk
membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat,
dan minat mereka. Kegiatan ini diselenggarakan
oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan
di sekolah/madrasah. Biasanya kegiatan ekstrakurikuler diadakan setelah
kegiatan belajar mengajar berakhir atau pada hari-hari libur. Visi kegiatan
ekstrakurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal,
serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk
diri sendiri, keluarga dan masyarakat. ….
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf eksposisi rumpang tersebut adalah …
A. Sekolah/madrasah menyediakan
sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan
kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
B. Sekolah atau madrasah harus
menjamin kebebasan peserta didiknya dalam memilih jenis ekstrakurikuler sesuai
dengan bakat dan minat mereka.
C. Kegiatan ekstrakurikuler
merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik karena sangat
bermanfaat dalam mengembangkan bakatnya.
D. Seluruh elemen masyarakat
seharusnya mendukung secara optimal keberadaan kehiatan ektrakurikuler di
sekolah/madrasah.
E. Guru, karyawan, dan staf
Tata Usaha sekolah/madrasah ikut bertanggung jawab akan terselenggaranya
kegiatan ekstrakurikuler.
29. Cermati teks rumpang berikut!
Gunung Bromo adalah sebuah gunung indah yang
terletak di Jawa Timur, serta masuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger
Semeru. Kawasan gunung ini memiliki sebuah keunikan tersendiri. …. Disini para pengunjung bisa menikmati
pemandangan dengan cara menaiki kuda. Hal lain yang tidak dapat dilewatkan
adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo dari puncak Gunung Penanjakan yang
berada di ketinggian 2.770 meter.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
deskripsi rumpang tersebut adalah …
A. Di sana ada jalan melingkar
yang mengitari Gunung Bromo melewati lautan pasir selama kirang lebih tiga jam
B. Pada ketinggian 2.392
meter di atas permukaan laut akan terdapat bentangan pasir yang sangat
luas sekitar 5.250 hektare.
C. Orang bisa mengambil banyak
foto dari puncak penanjakan gunung Bromo
melewati jalur pintu barat.
D. Sungguh indah pemandangan
yang berkebalikan pada sisi utaranya yang gersang dan berdebu.
E. Jangan melalui jalur ini
terutama malam hari atau pada saat cuaca berkabut karena jalan tidak kelihatan.
30. Cermati paragraf rumpang berikut!
Ia adalah seorang pelajar SMA keturunan Tionghoa,
tetapi telah lama masuk menjadi warga Negara Indonesia. Dari kakek nenek,
sampai pada kedua orang tuanya, serta saudara-saudaranya telah lama menjadi
warga Negara Indonesia.
Hal yang sangat menonjol pada pribadinya , yaitu ia
termasuk salah seorang yang mempunyai watak cerdas. Selain pandai, ia juga
ramah dan baik hati sehingga ….
Pernyataan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ….
A.
Ia
sangat disenangi kawan-kawan dan gurunya.
B.
Ia tidak
disenangi oleh teman-temannya
C.
Ia menjadi tinggi
hati dan mau menang sendiri.
D.
Ia menjadi selalu
rendah hati dan penolong
E.
Ia malas belajar
dan tidak pernah mengerjakan PR
31. Cermati
pantun berikut!
Asam kandis asam gelugur
Kedua asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
….
Pernyataan yang sesuai untuk melengkapi
pantun tersebut adalah ….
- Karna di dunia selalu riang
- Teringat badan
tidak sembahyang
- Sukma yang tak mau disayang
- Disiksa oleh malaikat kubur
- Malaikat kubur keburu mendekat
32. Cermati penggalan teks drama berikut!
Perempuan tua : "Sabarlah, la masih sakit"
Satilawati :
"Betul ia sakit? Sakit turunan?"
Perempuan tua ;
"Tidak. Tapi
dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili”
Satilawati :
"Nenek!"
Perempuan tua :
"Kartili yang
berbuat, ia ingin merampas engkau dari Ishak."
Satilawati :
….
Perempuan tua :
"Mungkin. Tapi, sudahlah"
(Kejahatan Membalas Dendam dengan penyesuaiaan, Idrus)
Pernyataan yang sesuai untuk
melengkapi penggalan drama yang rumpang tersebut adalah …
A. Jadi, ia sengaja merampas?
B. Biarlah ia merampasnya
C. Kalau begitu, aku pasrah.
D. Mungkinkah ia berbuat
itu?
E. Bukankah dia menyadarinya?
33. Cermati kalimat-kalimat acak berikut!
(1) Lalu, potong-potong dan hancurkan dengan blender.
(2) Setelah itu, campuran dihamparkan di atas loyang
beralas lembaran plastik.
(3) Buah-buahan yang sudah hancur dan lumat itu
dicampur dengan gula, asam nitrat, dan natrium metabisulfit.
(4) Kupaslah buah-buahan yang telah dipersiapkan.
(5) Keringkan dalam oven pada suhu 50-60 derajat
celcius.
(6) Bahan yang sudah kering dipotong-potong dan
dikemas dalam kantong plastik untuk dipasarkan.
Kalimat-kalimat tersebut agar dapat dijadikan paragraf
yang baik, urutan yang tepat adalah ….
A.
(4), (1), (2),
(3), (5), dan (6)
B.
(4), (1), (3), (2), (5), dan (6)
C.
(4), (1), (2),
(5), (3), dan (6)
D.
(4), (3), (2),
(1), (5), dan (6)
E.
(4), (2), (5),
(1), (3), dan (6)
34. Cermati paragraf narasi acak berikut!
(1) Tumbuhan tersebut mulai dari jenis tumbuhan kayu,
bambu, dan jenis anggrek.
(2) Kami
mengelilingi kawasan Kebun Raya Bogor.
(3) Di dalam Kebun Raya Bogor kami mengunjungi makam
pendiri Kebun Raya Bogor yang berasal dari Belanda.
(4) Sebelum memasuki Kebun Raya Bogor, terlebih dahulu
kami membeli tiket masuk.
(5) Di kebun Raya Bogor ada berbagai jenis tumbuhan dari
berbagai daerah di Indonesia.
(6) Oleh karena hari libur, Kebun Raya Bogor dikunjungi
banyak wisatawan.
Agar menjadi
paragraf narasi yang baik, urutan yang tepat adalah ….
A. (2) – (4) – (6) – (5) – (1) – (3)
B. (2) – (4) – (6) – (1) – (5) – (3)
C. (4) – (2) – (5) – (1) – (3) – (6)
D. (4) – (6) – (2) – (5) – (1) – (3)
E. (4) – (2) – (6) – (5) – (1) – (3)
35. Cermati paragraf acak berikut!
(1) Sumur-sumur resapan tersebut dapat dibuat di
halaman-halaman rumah warga.
(2) Beberapa daerah di Indonesia sering dilanda banjir
ketika musim hujan tiba.
(3) Pembuatan sumur-sumur rsapan merupakan salah satu
tindakan antisipasi terhadap kemungkinan bencana banjir tersebut.
(4) Kerja sama tersebut sangat diharapkan Pemerintah
setempat karena banjir dapat mengakibatkan kerugian besar.
(5) Oleh karena itu, Pemerintah setempat berharap dapat
bekerja sama dengan warga dalam perizinan pembuatan sumur resapan di tanah
mereka.
Susunan yang tepat
kalimat-kalimat tersebut agar menadi paragraf padu adalah ….
A. (1) – (2) – (3) – (5) – (4)
B. (2) – (3) – (1) – (4) – (5)
C. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)
D. (4) – (1) – (3) – (2) – (5)
E. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)
36. Cermati teks berikut!
Memandikan gajah yang
dipelihara di Tangkahan Desa Namo Sialang, kecamatan Batang Serangan, Kabupaten
Langkat, Provinsi Sumatera Utara, sangat diminati wisatawan mancanegara.
Tangkahan merupakan kawasan eco-tourism yang dikelola dengan baik agar banyak wisatawan mancanegara
tertarik mengunjungi daerah tersebut. Para wisatawan mancanegara dapat
mengendarai gajah menyusuri sungai atau
hutan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Langkat. Sejak dulu, mereka menyaksikan kehidupan
orang utan dan melihat bunga bangkai yang mekar setahun sekali di dalam kawasan
hutan TNGL.
Perbaikan konjungsi yang
bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Sebab, dan, dengan demikian
B. Karena, bahkan, sebermula
C. Sehingga, tetapi, lalu
D. Sehingga, dan, kemudian
E. Supaya, melainkan, jika
37. Cermati teks berikut!
Perilaku kedua anak itu tidak jauh berbeda dari orang tuanya.
Ibarat.... Ayahnya, Pak Abdullah taat
beribadah dan gemar bederma. Kedua anaknya pun demikian. Tak segan-segan
mereka menyantuni anak yatim dan orang miskin. Sifat ibunya, Bu Jamilah yang rendah hati, penyabar, dan santun juga
melekat pada pribadi sang anak. Sungguh keluarga yang sangat berbahagia.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ...
A.
Indah budi karena bahasa.
B.
Air beriak tanda tak dalam.
C.
Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.
D.
Air susu dibalas dengan air tuba.
E.
Anak di pangkuan dilepaskan, beruk di rimba disusui.
38. Cermati teks berikut!
(1)
Setelah melakukan aktivitas olah raga cukup
berat, Anda tidak disarankan menyelesaikan olah raga tanpa pendinginan. (2) Gerakan
pendinginan dilakukan agar jantung yang dipicu berdetak dengan cepat saat
melakukan olahraga tidak menjadi pelan secara tiba-tiba. (3) Ahli olahraga
menyarankan untuk melakukan peregangan setelah pendinginan. (4) lakukan
peregangan sederhana jika olahraga yang Anda lakukan termasuk kategori ringan.
(5) Peregangan dapat mengurangi penumpukan asam laktat dan membantu Anda
bergerak lebih fleksibelitas serta nyaman.
Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat
ditunjukkan oleh nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
39. Cermati paragraf berikut!
(1) Masyarakat menantikan pembangunan tanggul laut raksasa
di pesisir Jakarta. (2) Bukan hanya warga Jakarta tetapi seluruh rakyat
Indonesia akan bangga dengan keberadaan tanggul raksasa tersebut. (3) Apabila
tanggul raksasa tersebut telah dibangun, ibukota Negara menjadi semakin megah.
(4) Selain meningkatkan pencegahan banjir, pembangunan tanggul raksasa tersebut
mendorong pengembangan perkotaan. (5) Jakarta akan sejajar dengan metropolitan
terkemuka lainnya di dunia.
Penggunaan
kata penghubung yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
40. Cermati teks berikut!
(1)
Pemerintah menyediakan rumah secara cuma-cuma
meskipun sederhana. (2) Biaya pindah dari tempat asal ke lokasi transmigrasi disediakan.
(3) Selain itu, lahan seluas dua hektar juga disediakan. (4) Biaya hidup selama
setahun pun disiapkan. (5) Peserta transmigrasi umumnya dari Pulau Jawa. (6)
Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan program transmigrasi.
Kalimat yang sumbang/tidak koheren pada
paragraf tersebut adalah ....
- Pemerintah
menyediakan rumah secara cuma-cuma meskipun sederhana.
- Biaya
pindah dari tempat asal ke lokasi transmigrasi disediakan.
- Selain itu, lahan seluas dua
hektar juga disediakan.
- Biaya hidup selama setahun pun disiapkan.
- Peserta transmigrasi umumnya dari Pulau Jawa.
41. Cermati teks berikut!
Memelihara tanaman hias merupakan modal dasar
untuk mencintai lingkungan. Tanaman hias tersebut
selain sebagai penghias lingkungan, juga membuat lingkungan menjadi teduh,
asri, dan nyaman. Sekarang ini, banyak tanaman hias yang juga digunakan sebagai
penghias lingkungan sekaligus peneduh lingkungan. Melihat kenyataan ini dapat disimpulkan orang melakukan kegemaran
memelihara tanaman hias banyak manfaatnya.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat
simpulan yang tercetak tebal dalam
paragraf tersebut adalah ....
- Jadi,
memelihara tanaman hias itu kurang menguntungkan.
- Jadi,
memelihara tanaman hias merupakan awal pelestarian lingkungan.
- Memelihara
tanaman hias bukan merupakan kewajiban individual.
- Memelihara
tanaman hias harus diperhatikan oleh instansi yang berwenang.
- Pemerintah
harus ikut memperhatikan pemeliharaan tanaman hias.
42. Cermati teks berikut!
Sayangnya upaya pelestarian hewan langka belum
menunjukkan hasil yang ….
Maklum saja, baru sebagian kecil dari …. Manusia yang
peduli dan …. Serta terlibat dalam upaya pelestarian hewan langka yang eksotis
itu.
Istilah yang tepat, sesuai dengan EYD untuk melengkpi
bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
- Optimis, komunity, termotivasi
- Optimal, komunitas, termotivasi
- Optimal, komunitas, termotifasi
- Optimalisasi, komunitas, termotivasi
- Optimal, komunitasi, termotifasi
43. Cermati kalimat berikut!
Ia harus rela
tinggal di hotel prodeo untuk …perbuatannya karena …sebagai pengedar dan
…ekstasi.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang
tersebut adalah ….
A.
mempertanggungjawabkan,
dibuktikan, pengkonsumsi
B.
mempertanggungjawabkan,
terbukti, pengonsumsi
C.
menanggungjawabkan,
membuktikan, mengkonsumsi
D.
pertanggungjawabkan,
dibuktikan, mengkonsumsi
E.
menanggung-jawab,
terbukti, mengkonsumsi
44. Cermati teks berikut!
Ketika masalah itu selesai, Ibu Diba segera melarikan
motor bututnya ke tempatnya mengajar.
Dengan ... ia memasuki ruangan kelas. Tampak ... senang karena memang dari tadi
mereka sudah menunggu kedatangannya.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ....
A. santai-santai, siswa-siswa
B. terengah-engah, anak-anak
C. tergesa-gesa,
murid-murid
D. terburu-buru, teman-teman
E. terengah-engah, orang-orang
45. Cermati teks berikut!
Beberapa kawasan di Kalimantan
Tengah masih tertutup kabut asap, … pemerintah sudah menurunkan hujan buatan
untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah
dan menutupi beberapa Negara tetangga menunjukkan … sistem pembakaran untuk
pembukaan lahan baru masih buruk. … tidak segera diantispasi, dampak kabut asap
akan semakin meluas.
Kata penghubung yang tepat
untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah ….
A. biarpun, untuk, kalau
B. walaupun, bagi, bilamana
C. walaupun, karena, seandainya
D. meskipun, bahwa, jika
E. meskipun, sebab, jika
46. Cermati teks berikut!
Survai di Inggris menunjukkan kini orang tidak bisa hidup
tanpa telpon seluler. Apalagi kini,
alat komunikasi tersebut tampil dengan tehnologi
audio dan vidio yang menawarkan hidup
modern.
Kata baku untuk kata yang bercetak miring tersebut
adalah ….
A.
Surve, telepont,
teknoloji, video, moderen.
B.
Survei,
telepon, teknologi, video, modern.
C.
Surve, telepon,
teknologi, video, modern.
D.
Survei, telepon,
teknologi, video, modern.
E.
Survei, telefon,
teknologi, vidio, moderen.
47. Cermati ilustrasi berikut!
Beberapa waktu lalu saya pergi
ke toko buku Gramedia dan membeli beberapa buku diantaranya berjudul :
kiat-kiat menjadi orang sukses dan kaya tanpa modal.
Penulisan judul buku yang
sesuai EyD adalah …
A. Kiat-kiat Menjadi Orang Sukses dan Kaya tanpa Modal
B. Kiat-Kiat menjadi Orang Sukses dan Kaya tanpa Modal
C. Kiat-Kiat Menjadi Orang Sukses Dan Kaya Tanpa Modal
D. Kiat-kiat Menjadi Orang Sukses dan Kaya Tanpa Modal
E. Kiat-Kiat Menjadi Orang Sukses dan Kaya
Tanpa Modal
48. Cermati teks berikut!
Hari senin merupakan jaduwal
Tommy berobat di rumah sakit sehingga ia harus ijin tidak mengikuti upacara
bendera di sekolah. Seampai di rumah sakit Tommy harus antri untuk menunggu
giliran diperksa. Setelah selesai diperiksa, Tommy bergegas ke apotik untuk mengambil
obat.
Perbaikan penggunaan kata baku
yang tepat dalam paragraf tersebut adalah ….
A. jadwal, ijin, antri, apotek
B. jadual, izin, antre, apotik
C. jadual, izin, antre, apoek
D. jadwal, izin, antre, apotek
E. jadwal, ijin, antre, apotek
49. Cermati teks berikut!
Suhu udara di daerah pantai
terasa …. Suhu rata-rata di daerah pantai pada siang hari lebih dari 27% C.
kondisi suhu yang panas ini mengakibatkan penduduk daerah pantai berwarna kulit
…. Mereka sering tersengat sinar matahari. Mereka biasanya mengenakan pakaian
tipis karena suhu yang panas ini. Selain itu, suara penduduk di daerah pantai
ketika berbicara … karena mereka harus beradu dengan suara gemuruh ombak.
Frase yang tepat untuk
melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A. sedikt panas, sangat gelap, kurang keras
B. kurang panas, agak gelap, kurang keras
C. sangat panas, kurang gelap, agak keras
D. sangat panas, agak gelap, agak keras
E. lebih panas, kurang gelap, sangat keras
50. Cermati kutipan gurindam berikut!
Kalau kita rajin belajar
Banyak ilmu dapat dikejar
Maksud
isi kutipan gurindam tersebut adalah …
A. Siapa rajin belajar dia
akan dapat mengejar ilmu.
B. Siapa yang berilmu banyak
berarti ia rajin belajar.
C. Banyak belajar agar
memiliki ilmu yang banyak.
D. Siapa yang belajar, banyak
mendapatkan ilmu.
E. Rajin belajar, ciri-ciri
orang pintar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Setelah membaca blog ini, harap meninggalkan komentar, tentu yang bersifat membangun.