Salam

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat Datang dan Bergabung dengan Saya...! Semoga Blog ini Bisa Menambah Wawasan Kita. Kritik dan Saran yang Membangun sangat Kami Harapkan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Selasa, 24 November 2009

PENULISAN UNSUR SERAPAN



Penulisan Unsur Serapan
Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia telah menyerap berbagai unsur dari bahasa lain, baik bahasa daerah maupun dari bahasa asing. Unsur bahasa daerah misalnya dari bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Lampung, dan bahasa-bahasa daerah dari seluruh wilayah Nusantara. Sedangkan unsur bahasa asing berasal dari bahasa Sansekerta, bahasa Arab, bahasa Belanda, bahasa Portugis, bahasa  Inggris, dan bahasa asing lainnya.
Berdasarkan cara masuknya, unsur pinjaman bahasa asing dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua golongan, yaitu (1) unsur asing yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indonesia dan (2) unsur asing yang pengucapan dan penulisannya harus disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia.
Di dalam buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) dicantumkan aturan-aturan atau cara-cara penyesuaian itu.
Berikut ini contoh-contoh  unsur serapan itu yang penulisannya sudah disesuaikan dengan EYD (baku) dan kesalahan penulisan yang sering digunakan (tidak baku).


Baku                            Tidak Baku
apotek                         apotik
atlet                             atlit
atmosfer                     atmosfir
aktif                             aktip
aktivitas                       aktifitas
arkais                          arkhais
arkeologi                     arkheologi
akhir                            ahir ; akir
akhlak                          ahlak
advis                            adpis
advokat                       adpokat
adjektif                        ajektif
asas                             azas
asasi                            azasi
analisis                        analisa
menganalisis               menganalisa
penganalisisan            penganalisaan
ambulans                    ambulan
anggota                       anggauta
beranggotakan            beranggautakan
keanggotaan               keanggautaan
balans                          balan
definisi                        difinisi
depot                           depo
diferensial                   differensial
ekspor                         eksport
ekstrover                     ekstrovert
ekuivalen                     ekwivalen
esai                              esei
formal                          formil
Februari                      Pebruari
filologi                         philologi
fisik                              phisik
Foto                             photo
frekuensi                     frekwensi
film                              filem
hakikat                        hakekat
hierarki                       hirarki
hipotesis                      hipotesa
intensif                        intensip
insaf                            insyaf
ikhlas                           ihlas
ikhtiar                          ihtiar
impor                          import
intriver                        introvert
istri                              isteri
iktikad                         itikad
ijazah                           ijasah
izin                              ijin
ilustrasi                       illustrasi
jenderal                       jendral
jadwal                         jadual
kartotek                       kartotik
komedi                        komidi
konkret                        konkrit
karier                          karir
kaidah                         kaedah
khotbah                       khutbah
konsepsional               konsepsionil
konferensi                   konperensi
kreativitas                   kreatifitas
kongres                       konggres
kompleks                     komplek
katalitas                      katalisa
kuantum                      kwantum
konsekuensi                 konsekuwensi
kualifikasi                    kwalifikasi
kualitas                        kwalitas
kuarsa                         kwarsa
kuitansi                        kwitansi
kuorum                        kworum
kuota                           kwota
konfrontasi                  konfrontir
dikonfrontasi               dikonfrontir
koordinasi                   koodinir, kordinir
dikoordinasi                dikoordinir
konduite                      kondite
kategori                       katagori
konsesi                        konsessi
kelas                            klas
klasifikasi                    kelasifikasi
linguistik                      lingguistik
lazim                           lajim
likuidasi                       likwidasi
metode                        metoda
motif                           motip
motivasi                      motifasi
masyarakat                 masarakat
mantra                        mantera
manajemen                 managemen
manajer                      manager
massa                          masa (orang banyak)
masalah                      masaalah
masal                          massal
misi                             missi
November                   Nopember
nasihat                        nasehat
penasihat                    penasehat
nasionalisasi                nasionalisir
operasional                 operasionil
objek                           obyek
ons                               on
organisasi                    organisir
problem                      problim
positif                          positip
produktif                     produktip
produktivitas               produktifitas
psikis                           psikhis
psikologi                      psikhologi
paspor                         pasport
putra                           putera
putri                            puteri
produksi                      produsir
memproduksi             memprodusir
proklamasi                  praklamir
diproklamasikan         diproklamirkan
profesi                         professi
keprofesian                 keprofessian
profesor                      professir
rasional                       rasionil
resistans                      resistan
rezeki                          rejeki
risiko                           resiko
sistem                          sistim
sistematika                  sistimatika
sistematis                    sistimatis
spesies                         spesis
sintetis                         sintesa
spiritual                       spirituil
subjek                          ubyek
sintesis                        sintesa ; sintese
syukur                          sukur
mensyukuri                 mensukuri
sah                               syah
sahih                            syahih
saraf                            syaraf
sutera                          sutra
standar                        standard
standardisasi               standarisasi
survai                          survei
sukses                          sakses
teori                            tiori
teoretis                        teoritis
telegram                     tilgram
telepon                        tilpun
tradisional                   tradisionil
tafsiran                        tapsiran
tarif                             tarip
teknik                          tehnik
teknisi                          tehnisi
teknologi                     tehnologi
teleks                           telek
tripleks                        triplek
terampil                      trampil
keterampilan             ketrampilan
terap                           trap
transpor                      transport
transportasi                 transportir
teladan                        tauladan
keteladanan                ketauladanan
diteladani                    ditauladani
tim                               team
terjemah                     terjamah
varietas                       varitas
wujud                          ujud
berwujud                     berujud
perwujudan                  perujudan
zaman                          jaman





Kamis, 19 November 2009

KEBAHASAAN: KALIMAT AKTIF DAN KALIMAT PASIF


Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif
1.      Kalimat Aktif
Kalimat Aktif adalah kalimat yang subyeknya melakukan suatu perbuatan atau aktifitas. Kalimat aktif biasanya diawali oleh awalan me- atau ber-. Kalimat dibedakan menjadi dua macam :
a. Kalimat aktif transitif yaitu  kalimat yang memiliki obyek penderita

       Contoh : 
a.      Bibi  membeli daging.
b.      Paman  membaca buku novel.
c.       Pak Lurah memanggil saya.
b.       Kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang tidak memiliki obyek penderita.
Contoh :
a.      Adik menangis
b.      Marwan  berantem
c.       Sejak kematian ibunya Ayah selalu  merenung di dalam kamar tidur.
2.      Kalimat Pasif
Kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas. Kalimat pasif biasanya diawali oleh awalan ter- atau di-.

Contoh :
a.      Pak Lurah dimintai pertanggung jawaban oleh Pak Camat
b.      Tikus itu dimakan kucing
c.       Buku kakak terbuang di tempat sampah.

3.      Mengubah Kalimat Aktif menjadi Kalimat Pasif dan Kalimat Pasif manjadi Kalimat Aktif
Untuk mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dan sebaliknya dapat dilakukan langkah-langkah sebagai  berikut ini :
a.      Mengubah awalan pada Predikat; mengubah awalan me- atau ber- menjadi di- atau ter- dan begitu sebaliknya.
b.      Mengubah  Obyek  menjadi Subyek dan sebaliknya;
Contoh :
Ibu memasak nasi kuning.             => Nasi kuning dimasak oleh ibu.
Pak Cipto makan spiring nasi.      => Sepiring nasi dimakan oleh pak Cipto.


Sabtu, 14 November 2009

FOTO : GURU DAN SISWA-SISWANYA



Keakraban terjalin mesra antara guru dengan siswa-siswi. Inilah  yang kita harapkan dalam dunia pendidikan kita. Jangan sampai sebaliknya, hubungan antara guru dan siswa bagaikan langit dan bumi yang selamanya tak pernah bisa menyatu. Guru menganggap bahwa siswa itu manusia yang bodoh dan hanya mampu melakukan sesuatu kalau diarahkan dan diawasi selalu oleh guru. Sebaliknya Siswa beranggapan bahwa guru adalah seorang monster yang menakutkan dan hanya menyampaikan atau mentransfer ilmu yang ia dapatkan terlebih dahulu dari  orang lain atau gurunya/dosennya waktu masih menjadi siswa/mahasiswa.

Jumat, 13 November 2009

PUISI : Taufik Ismail 2

takut
Mahasiswa takut pada dosen
Dosen takut pada dekan
Dekan takut pada rektor
Rektor takut pada menteri
Menteri takut pada presiden
Presiden takut pada mahasiswa
takut '66, takut '98 - 1998

KETIKA SEBAGAI KAKEK DI TAHUN 2040,
KAU MENJAWAB PERTANYAAN CUCUMU

Cucu kau tahu, kau menginap di DPR bulan Mei itu
Bersama beberapa ribu kawanmu
Marah, serak berteriak dan mengepalkan tinju
Bersama-sama membuka sejarah halaman satu
Lalu mengguratkan baris pertama bab yang baru
Seraya mencat spanduk dengan teks yang seru
Terpicu oleh kawan-kawan yang ditembus peluru
Dikejar masuk kampus, terguling di tanah berdebu
Dihajar dusta dan fakta dalam berita selalu
Sampai kini sejak kau lahir dahulu
Inilah pengakuan generasi kami, katamu
Hasil penataan dan penataran yang kaku
Pandangan berbeda tak pernah diaku
Daun-daun hijau dan langit biru, katamu
Daun-daun kuning dan langit kuning, kata orang-orang itu
Kekayaan alam untuk bangsaku, katamu
Kekayaan alam untuk nafsuku, kata orang-orang itu
Karena tak mau nasib rakyat selalu jadi mata dadu
Yang diguncang-guncang genggaman orang-orang itu
Dan nomor yang keluar telah ditentukan lebih dulu
Maka kami bergeraklah kini, katamu
Berjalan kaki, berdiri di atap bis yang melaju
Kemeja basah keringat, ujian semester lupakan dulu
Memasang ikat kepala, mengibar-ngibarkan benderamu
Tanpa ada pimpinan di puncak struktur yang satu
Tanpa dukungan jelas dari yang memegang bedil itu
Sudahlah, ayo kita bergerak saja dulu
Kita percayakan nasib pada Yang Satu Itu.

1998


MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA

I
Ketika di Pekalongan, SMA kelas tiga
Ke Wisconsin aku dapat beasiswa
Sembilan belas lima enam itulah tahunnya
Aku gembira jadi anak revolusi Indonesia
Negeriku baru enam tahun terhormat diakui dunia
Terasa hebat merebut merdeka dari Belanda
Sahabatku sekelas, Thomas Stone namanya,
Whitefish Bay kampung asalnya
Kagum dia pada revolusi Indonesia
Dia mengarang tentang pertempuran Surabaya
Jelas Bung Tomo sebagai tokoh utama
Dan kecil-kecilan aku nara-sumbernya
Dadaku busung jadi anak Indonesia
Tom Stone akhirnya masuk West Point Academy
Dan mendapat Ph.D. dari Rice University
Dia sudah pensiun perwira tinggi dari U.S. Army
Dulu dadaku tegap bila aku berdiri
Mengapa sering benar aku merunduk kini

II
Langit akhlak rubuh, di atas negeriku berserak-serak
Hukum tak tegak, doyong berderak-derak
Berjalan aku di Roxas Boulevard, Geylang Road, ebuh Tun Razak,
Berjalan aku di Sixth Avenue, Maydan Tahrir dan Ginza
Berjalan aku di Dam, Champs Élysées dan Mesopotamia
Di sela khalayak aku berlindung di belakang hitam kacamata
Dan kubenamkan topi baret di kepala
Malu aku jadi orang Indonesia.

III
Di negeriku, selingkuh birokrasi peringkatnya di dunia nomor satu,
Di negeriku, sekongkol bisnis dan birokrasi
berterang-terang curang susah dicari tandingan,
Di negeriku anak lelaki anak perempuan, kemenakan, sepupu
dan cucu dimanja kuasa ayah, paman dan kakek
secara hancur-hancuran seujung kuku tak perlu malu,
Di negeriku komisi pembelian alat-alat berat, alat-alat ringan,
senjata, pesawat tempur, kapal selam, kedele, terigu dan
peuyeum dipotong birokrasi
lebih separuh masuk kantung jas safari,
Di kedutaan besar anak presiden, anak menteri, anak jenderal,
anak sekjen dan anak dirjen dilayani seperti presiden,
menteri, jenderal, sekjen dan dirjen sejati,
agar orangtua mereka bersenang hati,
Di negeriku penghitungan suara pemilihan umum
sangat-sangat-sangat-sangat-sangat jelas
penipuan besar-besaran tanpa seujung rambut pun bersalah perasaan,
Di negeriku khotbah, surat kabar, majalah, buku dan
sandiwara yang opininya bersilang tak habis
dan tak utus dilarang-larang,
Di negeriku dibakar pasar pedagang jelata
supaya berdiri pusat belanja modal raksasa,
Di negeriku Udin dan Marsinah jadi syahid dan syahidah,
ciumlah harum aroma mereka punya jenazah,
sekarang saja sementara mereka kalah,
kelak perencana dan pembunuh itu di dasar neraka
oleh satpam akhirat akan diinjak dan dilunyah lumat-lumat,
Di negeriku keputusan pengadilan secara agak rahasia
dan tidak rahasia dapat ditawar dalam bentuk jual-beli,
kabarnya dengan sepotong SK
suatu hari akan masuk Bursa Efek Jakarta secara resmi,
Di negeriku rasa aman tak ada karena dua puluh pungutan,
lima belas ini-itu tekanan dan sepuluh macam ancaman,
Di negeriku telepon banyak disadap, mata-mata kelebihan kerja,
fotokopi gosip dan fitnah bertebar disebar-sebar,
Di negeriku sepakbola sudah naik tingkat
jadi pertunjukan teror penonton antarkota
cuma karena sebagian sangat kecil bangsa kita
tak pernah bersedia menerima skor pertandingan
yang disetujui bersama,
Di negeriku rupanya sudah diputuskan
kita tak terlibat Piala Dunia demi keamanan antarbangsa,
lagi pula Piala Dunia itu cuma urusan negara-negara kecil
karena Cina, India, Rusia dan kita tak turut serta,
sehingga cukuplah Indonesia jadi penonton lewat satelit saja,
Di negeriku ada pembunuhan, penculikan
dan penyiksaan rakyat terang-terangan di Aceh,
Tanjung Priuk, Lampung, Haur Koneng,
Nipah, Santa Cruz dan Irian,
ada pula pembantahan terang-terangan
yang merupakan dusta terang-terangan
di bawah cahaya surya terang-terangan,
dan matahari tidak pernah dipanggil ke pengadilan sebagai
saksi terang-terangan,
Di negeriku budi pekerti mulia di dalam kitab masih ada,
tapi dalam kehidupan sehari-hari bagai jarum hilang
menyelam di tumpukan jerami selepas menuai padi.

IV
Langit akhlak rubuh, di atas negeriku berserak-serak
Hukum tak tegak, doyong berderak-derak
Berjalan aku di Roxas Boulevard, Geylang Road, Lebuh Tun Razak,
Berjalan aku di Sixth Avenue, Maydan Tahrir dan Ginza
Berjalan aku di Dam, Champs Élysées dan Mesopotamia
Di sela khalayak aku berlindung di belakang hitam kacamata
Dan kubenamkan topi baret di kepala
Malu aku jadi orang Indonesia.

1998


KETIKA BURUNG MERPATI SORE MELAYANG

Langit akhlak telah roboh di atas negeri
Karena akhlak roboh, hukum tak tegak berdiri
Karena hukum tak tegak, semua jadi begini
Negeriku sesak adegan tipu-menipu
Bergerak ke kiri, dengan maling kebentur aku
Bergerak ke kanan, dengan perampok ketabrak aku
Bergerak ke belakang, dengan pencopet kesandung aku
Bergerak ke depan, dengan penipu ketanggor aku
Bergerak ke atas, di kaki pemeras tergilas aku
Kapal laut bertenggelaman, kapal udara berjatuhan
Gempa bumi, banjir, tanah longsor dan orang kelaparan
Kemarau panjang, kebakaran hutan berbulan-bulan
Jutaan hektar jadi jerebu abu-abu berkepulan
Bumiku demam berat, menggigilkan air lautan
Beribu pencari nafkah dengan kapal dipulangkan
Penyakit kelamin meruyak tak tersembuhkan
Penyakit nyamuk membunuh bagai ejekan
Berjuta belalang menyerang lahan pertanian
Bumiku demam berat, menggigilkan air lautan

Lalu berceceran darah, berkepulan asap dan berkobaran api
Empat syuhada melesat ke langit dari bumi Trisakti
Gemuruh langkah, simaklah, di seluruh negeri
Beribu bangunan roboh, dijarah dalam huru-hara ini
Dengar jeritan beratus orang berlarian dikunyah api
Mereka hangus-arang, siapa dapat mengenal lagi
Bumiku sakit berat, dengarlah angin menangis sendiri

Kukenangkan tahun ‘47 lama aku jalan di Ambarawa dan Salatiga
Balik kujalani Clash I di Jawa, Clash II di Bukittinggi
Kuingat-ingat pemboman Sekutu dan Belanda seantero negeri
Seluruh korban empat tahun revolusi
Dengan Mei ‘98 jauh beda, jauh kalah ngeri
Aku termangu mengenang ini
Bumiku sakit berat, dengarlah angin menangis sendiri

Ada burung merpati sore melayang
Adakah desingnya kau dengar sekarang
Ke daun telingaku, jari Tuhan memberi jentikan
Ke ulu hatiku, ngilu tertikam cobaan
Di aorta jantungku, musibah bersimbah darah
Di cabang tangkai paru-paruku, kutuk mencekik nafasku
Tapi apakah sah sudah, ini murkaMu?
Ada burung merpati sore melayang
Adakah desingnya kau dengar sekarang

1998


SYAIR EMPAT KARTU DI TANGAN
Ini bicara blak-blakan saja, bang
Buka kartu tampak tampang
Sehingga semua jelas membayang
Monoloyalitas kami
sebenarnya pada uang
Sudahlah, ka-bukaan saja kita bicara
Koyak tampak terkubak semua
Sehingga buat apa basi dan basa
Sila kami
Keuangan Yang Maha Esa
Jangan sungkan buat apa yah-payah
Analisa psikis toh cuma kwasi ilmiah
Tak usahlah sah-susah
Ideologiku begitu jelas
ideologi rupiah
Begini kawan, bila dadaku jalani pembedahan
Setiap jeroan berjajar kelihatan
Sehingga jelas sebagai keseluruhan
Asas tunggalku
memang keserakahan.
1998


YANG SELALU TERAPUNG
DI ATAS GELOMBANG

Seseorang dianggap tak bersalah,
sampai dia dibuktikan hukum bersalah.
Di negeri kami, ungkapan ini terdengar begitu indah.
Kini simaklah sebuah kisah,

Seorang pegawai tinggi,
gajinya sebulan satu setengah juta rupiah,
Di garasinya ada Honda metalik,Volvo hitam,
BMW abu-abu, Porsche biru dan Mercedes merah.
Anaknya sekolah di Leiden, Montpelier dan Savannah.
Rumahnya bertebaran di Menteng, Kebayoran dan
Macam Macam Indah,
Setiap semester ganjil,
isteri terangnya belanja di Hongkong dan Singapura.
Setiap semester genap,
isteri gelap liburan di Eropa dan Afrika,
Anak-anaknya pegang dua pabrik,
tiga apotik dan empat biro jasa.
Saudara sepupu dan kemenakannya
punya lima toko onderdil,
enam biro iklan dan tujuh pusat belanja,
Ketika rupiah anjlok terperosok,
kepleset macet dan hancur jadi bubur,
dia ketawa terbahak- bahak
karena depositonya dalam dolar Amerika semua.
Sesudah matahari dua kali tenggelam di langit barat,
jumlah rupiahnya melesat sepuluh kali lipat,
Krisis makin menjadi-jadi, di mana-mana orang antri,
maka seratus kantong plastik hitam dia bagi-bagi.
Isinya masing-masing lima genggam beras,
empat cangkir minyak goreng dan tiga bungkus mi cepat-jadi.
Peristiwa murah hati ini diliput dua menit di kotak televisi,
dan masuk berita koran Jakarta halaman lima pagi-pagi sekali,

Gelombang mau datang, datanglah gelombang,
setiap air bah pasang dia senantiasa
terapung di atas banjir bandang.
Banyak orang tenggelam tak mampu timbul lagi,
lalu dia berkata begini,
"Yah, masing-masing kita rejekinya kan sendiri-sendiri,"

Seperti bandul jam tua yang bergoyang kau lihatlah:
kekayaan misterius mau diperiksa,
kekayaan tidak jadi diperiksa,
kekayaan mau diperiksa,
kekayaan tidak diperiksa,
kekayaan harus diperiksa,
kekayaan tidak jadi diperiksa.
Bandul jam tua Westminster,
tahun empat puluh satu diproduksi,
capek bergoyang begini, sampai dia berhenti sendiri,

Kemudian ide baru datang lagi,
isi formulir harta benda sendiri,
harus terus terang tapi,
dikirimkan pagi-pagi tertutup rapi,
karena ini soal sangat pribadi,
Selepas itu suasana hening sepi lagi,
cuma ada bunyi burung perkutut sekali-sekali,
Seseorang dianggap tak bersalah,
sampai dia dibuktikan hukum bersalah.
Di negeri kami, ungkapan ini terdengar begitu indah.
Bagaimana membuktikan bersalah,
kalau kulit tak dapat dijamah.
Menyentuh tak bisa dari jauh,
memegang tak dapat dari dekat,

Karena ilmu kiat,
orde datang dan orde berangkat,
dia akan tetap saja selamat,
Kini lihat,
di patio rumahnya dengan arsitektur Mediterania,
seraya menghirup teh nasgitel
dia duduk menerima telepon
dari isterinya yang sedang tur di Venezia,
sesudah menilai tiga proposal,
dua diskusi panel dan sebuah rencana rapat kerja,

Sementara itu disimaknya lagu favorit My Way,
senandung lama Frank Sinatra
yang kemarin baru meninggal dunia,
ditingkah lagu burung perkutut sepuluh juta
dari sangkar tergantung di atas sana
dan tak habis-habisnya
di layar kaca jinggel bola Piala Dunia,
Go, go, go, ale ale ale...

1998

KITA ADALAH
PEMILIK SAH REPUBLIK INI

Tidak ada pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Karena berhenti atau mundur
Berarti hancur
Apakah akan kita jual keyakinan kita
Dalam pengabdian tanpa harga
Akan maukah kita duduk satu meja
Dengan para pembunuh tahun yang lalu
Dalam setiap kalimat yang berakhiran
"Duli Tuanku ?"
Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Kita adalah manusia bermata sayu, yang di tepi jalan
Mengacungkan tangan untuk oplet dan bus yang penuh
Kita adalah berpuluh juta yang bertahun hidup sengsara
Dipukul banjir, gunung api, kutuk dan hama
Dan bertanya-tanya inikah yang namanya merdeka
Kita yang tidak punya kepentingan dengan seribu slogan
Dan seribu pengeras suara yang hampa suara
Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus.
1966

(Dikutip dari buku Tirani dan Benteng : Yayasan Ananda, Jakarta, 1993)

Kamis, 12 November 2009

SOAL UJIAN NASIONAL 2007/2008


UJIAN AKHIR NASIONAL TAHUN 2007/2008


Teks berikut untuk soal nomor 1 s.d.4.
Bacalah teks berikut dengan seksama!
(1)   Pelajar Indonesia yang selama ini dianggap “anak manja” ternyata mampu bersaing dengan pelajar dari Negara seluruh dunia. (2) Sepanjang tahun 2007, sejumlah karya ilmiah para pelajar Indonesia berhasil menyabet penghargaan di berbagai kompetisi internasional, Selasa (25/6) kemarin, sebagian di antara pelajar yang berprestasi itu diterima oleh Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo di Jakarta. (3) Para siswa yang diterima itu adalah peraih medali emas dalam kompetisi sains dan teknologi pelajar internasional. (4) Mereka itu adalah Adhidharma, M. Dhika, Fakhry Auzan, Avlia Reza, dan Choirudin. (5) Menurut Bambang Sudibyo, dia bangga atas prestasi anak bangsa yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar negeri. (6) Kita tentu sependapat dengan Mendiknas dan mudah-mudahan muncul ribuan yang mampu mengharumkan nama Indonesia.
1. Ide Pokok paragraf tersebut adalah ….
a.      kemampuan pelajar Indonesia
b.      karya ilmiah pelajar Indonesia
c.       kompetisi sains dan teknologi Indonesia
d.      kebanggaan Mendiknas atas prestasi anak bangsa
e.      pertama peraih medali emas
2. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
  1. (1), (2), (3)       d. (1), (2), (6)
  2. (2), (3), (4)       e. (1), (2), (4)
  3. (2), (3), (6)
3. Kalimat opini paragraf  tersebut terdapat pada nomor
  1. (1) dan (3)       d. (4) dan (5)
  2. (2) dan (5)       e. (6) dan (1)
  3. (3) dan (4)
4. Simpulan paragraf tersebut adalah ….
  1. Pelajar Indonesia ternyata mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Anak manja Indonesia ternyata memiliki prestasi luar biasa untuk karya ilmiah.
  3. Kelima pelajar Indonesia mendapat medali dalam olimpiade sains dan fisika.
  4. Mendiknas sangat bangga atas prestasi belajar yang telah mengharumkan nama bangsa.
  5. Pelajar Indonesia termasuk pelajar yang cukup disegani dunia di bidang karya ilmiah.

Paragraf berikut untuk soal nomor 5 s.d.7.
Bacalah teks berikut dengan seksama!
(1)         Ekonomi di Indonesia memang belum pulih seratus persen . (2) Ditambah lagi dengan keadaan rakyat banyak yang menderita. (3) Namun, bila melihat sinyal-sinyalnya, ada beberapa indikator perekonomian yang membaik secara kasat mata.

(4) Misalnya, suku bungan mulai menurun, rupiah mulai menguat, dan inflasi terkendali. (5) oleh karena itu, harapan bersinarnya kembali ekonomi Indonesia rasanya tidak jauh dari pelupuk mata.
5. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor
a.      (1)   b. (2)   c. (3)    d. (4)    e.(5)
6. Makna kata indikator pada paragraf adalah ….
a.      panduan             d. petunjuk
b.      pengamat                       e. pengarah
c.       pedoman
7. Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut  terdapat pada nomor ….
a.(1)    b.(2)   c. (3)   d. (4)   e. (5)
Teks untuk soal nomor 5 s.d.7.
Bacalah teks berikut dengan seksama!
Kekerasan Proses yang Dipelajari
Kekerasan adalah proses belajar. Barang siapa sering terpapar kekerasan, akan terdorong menjadi pelaku (atau korban) kekerasan melalui proses identifikasi. Dan kekerasan itu seperti siklus dari satu generasi ke generasi berikutnya. Demikian juga berbagai perilaku kekerasan yang sering disaksikan setiap hari melalui kehidupan atau media massa jelas-jelas akan menjadi media belajar yang efektif bagi mereka yang sudah memendam potensi untuk menyalurkan rasa marah, frustasi, dan permusuhannya untuk meniru.
Hal lain yang mendorong perilaku kekerasan adalah frustasi. Akumulasi frustasi yang tersumbat akan menjadi pusaran energi yang mendesak untuk diledakkan bila tidak tersedia outlet yang memadai. Dengan demikian, rasa frustasi dapat menimbulkan berbagai bentuk kekeraan.
8. Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah
a.      Apakah yang dimaksud dengan kekerasan?
b.      Bagaimanakah perilaku kekerasan dapat terjadi?
c.       Mengapa seseorang bisa melakukan kekerasan?
d.      Apakah yang mendorong perilaku kekerasan?
e.      Di manakah perilaku kekerasan terjadi?
9. Mengapa perilaku kekerasan dinyatakan sebagai proses yang dipelajari?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah
a.      Perilaku kekerasan ada seseorang terbentuk dari akumulasi rasa frustasi
b.      Perilaku kekerasan terbentuk dari proses identifikasi atau karena menyaksikan kekerasan melalui kehidupan dan media massa
c.       Perilaku kekerasan pada umumnya dalam bentuk penindasan, pukulan, bentakan, pelecehan, sinisme, dan sarkasme
d.      Perilaku kekerasan merupakan hasil belajar disengaja oleh mereka yang memendam potensi marah
e.      Perilaku kekerasan selalu berkaitan dengan perubahan yang diperoleh melalui belajar.

10. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks adalah
  1. Frustasi yang terakumulasi dapat menjadi sarana belajar bagi seseorang untuk melakukan kekerasan.
  2. Kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan rasa marah, frustasi, dan perilaku kekerasan.
  3. Seseorang yang sering mengalami  kekerasan dapat menjadi pelaku kekerasan yang frustasi.
  4. Siapapun dapat menjadi pelaku kekerasan atau korban kekerasan jika mau belajar.
  5. Berbagai perilaku kekerasan dalam media massa dapat menjadi media belajar yang efektif bagi seseorang.
11. Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah ….
  1. Frustasi dapat menimbulkan berbagai kekerasan.
  2. Barang siapa sering mengalami kekerasan akan menjadi pelaku kekerasan dan korban kekerasan.
  3. Identifikasi kekerasan dapat melahirkan perilaku kekeraan yang membahayakan.
  4. Frustasi yang terakumulasi dapat meledak menjadi korban kekerasan.
  5. Setiap orang memiliki potensi melakukan kekerasan dan menjadi korban kekerasan.

Tabel berikut untuk soal nomor 12 dan 13.
Bacalah tabel berikut dengan seksama!
JADWAL KERETA API DARI TEGAL
Jurusan
Berangkat
Tiba

Jakarta Gambir
Gumarang
Argo Muria
Argo Muria
Kamandanu
00.20
07.34
18.04
23.17
04.18
11.00
21.30
03.22
Jakarta Pasar Senen
Bangunkarta
Fajar Utama
Senja Utama
23.55
10.12
22.28
03.58
14.18
02.07
Jurusan
Berangkat
Tiba

Surabaya



Gumarang
Sembrani
Jombang
Bangunkarya
21.52
22.24
-
19.08
04.34
04
54
-
03.45

Bandung



Harina
-
-
22.55
-
-
03.36
-
-


12. Simpulan isi tabel tersebut yang paling tepat adalah ….
  1. Kereta api jurusan Jakarta Pasar Senin berangkat malam hari.
  2. Aktivitas Stasiun Jombang dan Bandung sebentar karena hanya ada dua kereta api yang singgah.
  3. Kereta api dari Tegal masuk Surabaya pada dini hari.
  4. Kereta api dari Tegal masuk Bandung pada sore hari.
  5. Waktu tempuh Tegal – Surabaya dengan kereta api sekitar 10 jam.

13. Pernyataan yang sesuai dengan isi table tersebut adalah ….
  1. Kereta Api Senja Utama jurusa Pasar Senen berangkat lebih awal dari pada kereta api Fajar Utama jurusan Pasar Senen.
  2. Kereta Api Fajar Utama jurusan Semarang dan jurusan Jakarta adalah sebuah kereta api dengan dua rute.
  3. Kereta Api Sembrani jurusan Surabaya lebih awal tiba daripada kereta api Harina jurusan Bandung.
  4. Kereta api Gumarang diberangkatkan dari Jakarta ke Surabaya melalui Tegal.
  5. Kereta api Harina jurusan Bandung berangkat lebih awal daripada kereta api Gumarang jurusan Gambir.
14. Bacalah teks berikut dengan seksama!
Ceriyati, pekerja migran di Malaysia berhasil meloloskan diri dari kejamnya majikan setelah nekad keluar dari lantai 15 sebuah apartemen. Nun jauh di Arab Saudi, Siti Nur Fadilah terancam hukuman mati. Pembantu rumah tangga asal Bondowoso itu saat diadili dengan tuduhan membunuh majikannya. Siti mengaku mempertahankan diri karena akan diperkosa.
Sejak Januari hingga April 2007 tercatat sebanyak 44 buruh migrant Indonesia tewas di luar negeri karena penyiksaan, jatuh dari bangunan tinggi, dan penyakit. Di Malaysia sebanyak 43 persen dari sekitar 400 ribu TKI telah menjadi korban penyiksaan majikan.
Simpulan generalisasi yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ….
  1. Oleh sebab itu, pemerintah perlu membuat undang-undang yang tepat untuk buruh migrant di luar negeri.
  2. Pemerintah tidak boleh memalingkan wajah dan hanya mengambil keuntungan dari para TKI.
  3. Namun, ternyata tragedi ini seperti mata rantai yang seolah-olah tidak akan pernah terputus.
  4. Jadi pembantu rumah tangga itu sesungguhnya bukanlah bagian belakang dari tubuh kita, mereka adalah wajah kita.
  5. TKI di luar negeri banyak yang mendapat perlakuan buruk dari majikannya.

15. Cermatilah teks berikut dengan seksama!
Berdasrkan data sensus nasional terlihat bahwa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak menggunakan pengeluarannya untuk makanan. Pada tahun 2002, lebih dari 82% penduduk Indonesia menggunakan lebih dari 61% pengeluarannya untyuk makanan. Untuk penduduk miskin, persentase pengeluaran rumah tangga yang digunakan untuk makanan jauh lebih besar. Untuk kelompok penduduk miskin, tidak kurang dari 72% dari total pengeluaran digunakan untuk makanan. Jadi, penduduk Indonesia mempunyai daya beli yang rendah.
Perbaikan kalimat simpulan pada pargraf tersebut adalah
a.      Jadi, pengeluaran sebagian besar penduduk Indonesia digunakan untuk makanan.
b.      Jadi, sebagian besar penduduk Indonesia banyak yang miskin.
c.       Jadi, sebagian penduduk Indonesia mempunyai penghasilan tidak cukup.
d.      Jadi, pengeluaran sebagian besar penduduk Indonesia hanya untuk rumah tangga.
e.      Jadi, penduduk Indonesia sebagian besar berpola hidup konsumtif.

16. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi aka dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik, dia akan seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. ….
Kalimat yang tepat untuk mengakhiri analogi tersebut adalah ….
  1. Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.
  2. Jadi, begitulah cara yang dapat dilakukan oleh siap pun dalam melakukan pembentukan karakter anak.
  3. Begitu cara yang sudah dapat dilakukan oleh banyak orang yang ditemukan di berbagai tempat di muka bumi ini.
  4. Demikian ini harus diperhatikan sungguh-sungguh bila ingin melakukan tindakan apa pun terhadap anak kita.
  5. Akhirnya, orang tua akan merasa puas bila anak yang dididiknya tumbuh menjadi sehat dan berguna bagi nusa bangsa.
17. Cermatilah paragraf berikut!
(1) Setiap pagi tampak siswa SMA Negeri itu sedang bersenam atau berolahraga. (2) Mereka berolahraga dipandu oleh guru olah raga. (3) Setiap hari olah raga yang mereka lakukan jenisnya berbeda-beda. (4) Ada yang basket, volley, senam, dan sebagainya. (5) Dengan demikian, tentulah tubuh mereka akan sehat dan bugar.
Kalimat yang berupa opini pada teks tersebut adalah kalimat nomor ….
a. 1      b. 2      c. 3      d. 4      d. 5
18. Cermatilah silogisme berikut!
PU: Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki SIM.
PK: ……
K   : Widiharto harus memiliki SIM.
Pernyataan yang paling tepat untuk mengisi premis khusus tersebut adalah ….
  1. Widiharto pasti memiliki SIM.
  2. Widiharto pengendara motor yang memiliki SIM.
  3. Widiharto pengendara kendaraan bermotor.
  4. Widiharto dan pengendara lainnya memiliki SIM.
  5. Widiharto dan temannya memiliki SIM.

19. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Di bagian belakang pasar berderet kios-kios yang sebagian besar dibiarkan terbuka tanpa penutup. (2) Tidak jauh dari situ tampak tumpukan sampah yang menggunung dan meluber hingga ke depan kios. (3) Kotoran dan sampah pun menumpuk di dalam kios. (4) kesibukan orang-orang bertransaksi sudah terlihat. (5) Bau busuk sampah menyengat tercium di mana-mana.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
a. 1      b. 2      c. 3      d. 4      e. 5
20. Bacalah dengan cermat paragraf narasi berikut!
Hm, alangkah senang hati anak laki-laki itu sekarang dibanding dengan kemarin. Sekarang ia mulai tertawa dan bergurau bersama teman-temannya. Tampaknya dia mulai menyesuaikan diri dengan keadaan dan lingkungan barunya. …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
  1. Berhati-hatilah kita menilai seseorang, apalagi berburuk sangka.
  2. Saya juga suka sekali mendapat teman baru seperti anak itu.
  3. Dengan demikian, berhati-hatilah bila mencari teman baru.
  4. Semua sangat mengagumi apa yang terjadi pada dirinya.
  5. Jadi, kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan anak itu secara berlebihan.
21. Pada hakekatnya membeli obat di apotik lebih
aman daripada di warung. Begitu nasehat kakek.
Penulisan kata bergaris bawah pada teks di atas yang benar adalah ….
  1. Hakekat, apothek, nasihat
  2. Hakikat, apotek, nasihat
  3. Hakikat, apotik, nasehat
  4. Hakekat, apotek, nasehat
  5. Hakekat, apotik, nasihat

22. Topik karya tulis : Berkurangnya Sumber Minyak Bumi
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
a.      Dengan hemat energi berarti kita hemat biaya hidup sekaligus kita akan membantu masyarakat di Indonesia.
b.      Dewasa ini masyarakat pengguna bahan bakar minyak makin bertambah banyak, sementara itu sumber minyak bumi tidak bisa diperbarui.
c.       Untuk mengurangi krisis energi perlu ditemukan sumber energi lain sebagai sumber alternative sebagai badan cadangan minyak yang akan digunakan dalam kehidupan.
d.      Sesuai dengan lajunya ilmu pengetahuan dan teknologi banyak sumber energi yang perlu dikelola oleh masyarakat di seluruh dunia.
e.      Pemakaian energi berlebihan dapat menyebabkan beban hidup meningkat dan mengurangi persediaan sumber energi yang sudah semakin menipis.
23. Bacalah kutipan berikut dengan seksama!
(1) Sekarang Bambang telah menjadi atlit sepakbola. (2) Ia menjadi team nasional. (3) Mereka berlatih di komplek Senayan. (4) Mereka berlatih secara teori dan praktik. (5) Pelatih menasehati setiap pemain dengan sabar.
 Perbaikan penulisan kata-kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ….
a.      Atelit, teem, kompleks, manasehati
b.      Atliet, tem. Complex, menasihati
c.       Atlet, tim, kompelek, menasihati
d.      Atlet, team, complex, mensehati
e.      Atlet, tim, kompleks, menasihati

24. Judul karangan : penyakit akibat kekurangan gizi dan olahraga
Penulisan judul karangan yang sesuai dengan EYD adalah ….
  1. Penyakit Akibat Kekurangan Gizi Dan Olah Raga
  2. PENYAKIT akibat KEKURANGAN GIZI dan OLAH RAGA
  3. Penyakit akibat kekurangan gizi dan olah raga
  4. Penyakit Akibat kekurangan Gizi dan Olahraga
  5. Penyakit Akibat Kekurangan Gizi dan Olahraga

25. Cermatilah deretan kalimat acak berikut!
   (1)   Air tersebut kemudian ditampung di kolam.
   (2)   Dalam pemanfaatannya, uap tidak seluruhnya dibuang.
   (3)   Justru, sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air.
   (4) Kemudian air yang di kolam itu, akan disuntikkan kembali ke dalam batuan yang kedap air.
(5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan.
Urutan kalimat yang tepat menjadi paragraf induktif adalah ….
  1. (2), (3), (1), (4), dan (5)
  2. (2), (3), (4), (1), dan (5)
  3. (3), (1), (2), (4), dan (5)
  4. (3), (2), (4), (1), dan (5)
  5. (4), (1), (2), (3), dan (5)

26. Atas kebijaksanaannya menerima saya, saya ucapkan terima kasih.
Kalimat penutup surat lamaran kerja tersebut salah. Perbaikan yang tepat adalah ….
  1. Atas kebijaksanaan Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
  2. Atas perhatiannya, kami ucapkan aterima kasih.
  3. Atas kebijaksanaan bapak, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih.
  4. Akhir kata, kami mohon maaf atas segala kekurangannya.
  5. Atas kebijaksanaannya, saya mengucapkan terima kasih banyak.

27. Bacalah kutipan berikut dengan seksama!
           
            DICARI SEGERA
  1. Staf accounting (SA)
  2. kepala Gudang (KG)
Pria maks 35 tahun, min SMU, disiplin
Wanita maksimal 28 tahun, min D-3,
Ditamakan yang berpengalaman
Kirim lamaran lengkap dengan mencantumkan kode di kiri atas amplop ke :
Jalan Semeru Selatan 40
Komp. Dekta Mas C15-177,JKT.
                        Kompas, Februari 2007
Kalimat pembuka yang baik untuk surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tersebut adalah ….
a.      Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak, saya melamar untuk mengisi lowongan tersebut.
b.      Saya telah membaca iklan dari perusahaan Bapak di Kompas 1 Februari 2007 dengan ini saya melamar untuk mengisi lowongan tersebut.
c.       Berhubung saya merasa memenuhi syarat sebagaimana diumumkan dalam iklan Kompas, 1 Februari 2007, saya dengan ini mengajukan lamaran.
d.      Sehubungan dengan iklan yang dimuat di surat kabar Kompas 1 Februari 2007, dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan Kepala Gudang.
e.      Berhubung dengan adanya iklan di harian Kompas 1 februari 2007, dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan.


28. Penulisan identitas pelamar yang tepat adalah ….
a.  Nama                                 : Salzabella, S.E.
Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 28 Oktober 1980
Alamat                     : Jalan Setianaka 113,
Jakarta Pusat
Pendidikan               : Sarjana Ekonomi
b.   nama                     : Salzabella, S.E.
tempat, tanggal lahir           : Jakarta, 28 Oktober 1980
alamat                                  : Jalan Setianaka 113 Jakarta Pusat
pendidikan               : Sarjana Ekonomi
c.   Nama                     : Salzabella, S.E.
Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 28 Oktober 1980
Alamat                     : Jln Setianaka 113 Jakarta Pusat
Pendidikan               : Sarjana Ekonomi
d.   nama                     : Salzabella, S.E.
tempat, tanggal lahir           : Jakarta 28 Oktober 1980
alamat                                  : jln Setianaka 113 Jakarta Pusat
pendidikan               : Sarjana Ekonomi
e.   Nama                    : Salzabella, SE
tempat, tanggal lahir           : Jakarta, 28 Oktober 1980
alamat                                  : Jalan Setianaka 113, Jakarta Pusat
pendidikan               : Sarjana Ekonomi

30. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Rumah bambu itu cukup jauh masuk dari jalan utama Imogiri-Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Selain sempit sekali (3 x 3,5 meter) rumah itu juga sangat sederhana. Sebuah dipan lengkap dengan kelambu antinyamuk dan kipas angin kecil tertata apa adanya. … Kursi itu biasa digunakan Sudiharjo melihat-lihat sekitar rumah. Satu peralatan lagi yang selalu dekat dengan Sudiharjo adalah pispot dan alat Bantu jalan (kerk). Semua peralatan tersebut harus selalu tersedia agar korban gempa itu dapat beraktivitas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf deskripsi tersebut adalah ….
  1. Sebuah kursi roda tergeletak di luar kamar.
  2. Sebuah kursi roda diletakkan  di luar kamar.
  3. Sebuah kursi roda teronggok di luar kamar.
  4. Sebuah kursi roda didudukkan  di luar kamar.
  5. Sebuah kursi roda tersimpan di luar kamar.
30. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Darah Anda melakukan perjalanan dalam sebuah siklus yang tidak pernah berhenti. Ia ….”perbekalan” dan mengangkut “sampah”. Dalam darah ada sel darah merah yang memiliki tugas khusus menjemput oksigen dari paru-paru dan membawanya ke seluruh urat dan organ tubuh. Darah kemudian ….karbondioksida kembali ke paru-paru yang kemudian Anda hembuskan keluar lewat hidung.


Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
  1. Membuatkan dan mengalirkan
  2. Membawakan dan mengirimkan
  3. Mengalirkan dan membawakan
  4. Mengirimkan dan mengantarkan
  5. Mengantarkan dan membawa

31. Cermatilah paragraf eksposisi berikut!
Orang rakus perlu mengembangkan kemampuan untuk memandang harta benda dan kedudukan sebagai anugerah Tuhan. …kerakusannya terkendali, orang rakus perlu mengembangkan pemahaman …harta benda dan kedudukan berfungsi sosial. Harta benda bukan semata-mata untuk diri sendiri.
Kata penghubung berikut yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
  1. sehingga, bahwa         d. jika, karena
  2. agar, karena               e. ketika, bahwa
  3. agar, bahwa

32. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Jika kita membicarakan mengenai pemuda, kita juga membicarakan mengenai pelajar. (2) Mereka merupakan bagian penting dari kaum muda yang sedang dirundung berbagai masalah, seperti yang disebutkan di atas. (3) Dengan melihat keadaan seperti itu, banyak kalangan merasa pesimistis dan takut terhadap masa depan para pelajar Indonesia.
Perbaikan struktur kalimat nomor satu pada paragraf tersebut adalah ….
  1. Jika kita akan berbicara pemuda, kita juga membicarakan mengenai pelajar.
  2. Jika akan kita bicarakan tentang pemuda, kita juga membicarakan pelajar.
  3. Jika kita berbicara pemuda, kita juga berbicara pelajar.
  4. Jika kita berbicara tentang pemuda, kita juga berbicara tentang pelajar.
  5. Jika kita membicarakan mengenai pemuda, kita juga berbicara tentang pelajar.

33. Cermatilah penggunaan kata dalam kutipan karya tulis berikut!
Dalam karya tulis ini, penulis ingin memaparkan bagaimana cara yang efektif yang dapat memudahkan siswa untuk mempelajari rumus-rumus matematika. Penulis tergelitik untuk menulis karena ingin mengubah anggapan sebagian siswa bahwa pelajaran matematika tersebut adalah pelajaran yang sangat sulit.
Kata tergelitik dalam kutipan tersebut dapat diganti dengan kata bermakna lugas yang tepat yaitu ….
  1. tergerak                      d. terpikat
  2. tergiru             e. tersentuh
  3. terjun




34. Bacalah dengan cermat kutipan resensi berikut!
Buku ini tidak hanya menjadi bacaan kaum perempuan, tetapi bagi siapa saja yang menaruh perhatian terhadap perjuangan kaum perempuan. Di tengah-iengah maraknya isu gender yang menjadi gagasan pokok perjuangan kaum perempuan, buku ini memberi percikan cahaya untuk melihat posisi perjuangan kaum perempuan. Perjuangan untuk meningkatkan derajat kaum perempuan ternyata tidak bisa dilakukan kaum perempuan sendiri, melainkan memerlukan dukungan dari pihak-pihak  lain yang dapat memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk lebih terdidik, cerdas, mandiri, dan tetap memiliki kepribadian.
Kalimat simpulan yang tepat untuk kutipan resensi tersebut adalah ….
  1. Buku ini menjadi bacaan bagi siapa saja yang menaruh perhatian perjuangan kaum perempuan di masa datang.
  2. Buku ini memberi percikan cahaya untuk melihat posisi perjuangan kaum perempuan pada masa kini.
  3. Perjuangan untuk meningkatkan derajat kaum perempuan tidak bisa dilakukan kaum perempuan sendiri tetapi juga memerlukan dukungan semua pihak.
  4. Perjuangan perempuan memerlukan dukungan dari berbagai pihak yang dapat memberikan kesempatan kepada kaum perempuan.
  5. Dalam buku ini pembaca dapat mengetahui bahwa kaum perempuan harus terdidik, cerdas, mandiri, dan tetap memiliki kepribadian agar memiliki derajat yang lebih tinggi.

35. Cermatilah penggalan puisi “TanahAir” karya Ajip Rosidi berikut!
….
Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur
Rambutnya hitam terbantun ombak
Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari
Kalimat bermajas yang paling tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah ….
  1. Ratu sukma sedang tidur
  2. Bunga desa telah tidur
  3. Seorang putrid cantik tidur
  4. Bunga mayang terlelap tidur
  5. Perempuan manis nan elok tidur

Kutipan berikut untuk soal nomor 36 dan 37.
Bacalah dengan seksama!
“Delapan puluh?” pekiknya. “Mengapa delapaqn puluh? Sungguh saya tak mengerti mengapa pula ban-ban sepeda yang meletus dihubung-hubungkan dengan soal ini? Oh, jangan berolok-olok. Saya tidak mau tahu, apakah ban sepeda Saudara meletus dihubung-hubungkan dengan tiba-tiba atau meledak seperti bom hidrogen. Dan saya tidak mau tahu apakah Saudara menitipkan sepeda itu atau melemparkannya di jalanan. Bahkan saya, kan tidak tahu apakah Saudara memiliki sebuah sepeda atau tidak. Dan saya memang tidak peduli semua itu. Yang saya tahu pasti ialah bahwa Saudara telah mengakui di hadapan saya dan semua khalayak di muka loket ini, bahkan Saudara telah menerima kelebihan uang kertas ratusan dari saya. Dan jumlah itulah yang harus saya terima kembali. Sesen pun tak boleh dikurangi. Ketahuilah, uang itu bukan uang saya, tapi milik Negara!”
36. Watak tokoh dalam kutipan tersebut adalah ….
  1. pemarah, ceroboh, egoistis
  2. pengkhianat, ceroboh, tak suci
  3. penyabar, jujur, suci
  4. pembangkang, pencemburu, egoistis
  5. penipu, pemarah, sok suci
37. watak tokoh dalam kutipan tersebut dideskripsikan melalui ….
  1. Gambaran fisik tokoh
  2. Ucapan-ucapan tokoh
  3. Jalan pikiran tokoh
  4. Dialog antar tokoh
  5. Pendapat tokoh lain
Teks puisi untuk soal nomor 38 dan 39.
Bacalah kutipan puisi berikut dengan cermat!
            BATU
batu mawar
batu langit
batu duka
batu rindu
batu jarum
batu bisu
kaukah itu
teka
teki
yang
tak menepati janji?
dengan seribu gunung langit tak runtuh
dengan seribu perawan hati tak jatuh
dengan seribu sibuk sepi tak mati…
         Sutardji Calzoum B.
38.  Makna kata batu dalam puisi tersebut menggambarkan ….
  1. Ketegaran                   d. kecemasan
  2. Kesombangan             e. keikhlasan
  3. Kebebasan
39. Maksud puisi tersebut adalah ….
a.      Ketegaran hati seseorang dalam menghadapi berbagai masalah.
b.      Sesuatu yang dicita-citakan seseorang tidak kesampaian.
c.       Keingina yang selalu mendapatkan rintangan dan tantangan.
d.      Menghadapi masalah yang berat dengan rasa gelisah dan cemas.
e.      Kehati-hatian seseorang dalam berkata dan bertindak.
Kutipan berikut untuk soal nomor 40 dan 41.
Pahamilah dengan cermat!
Sang Pahlawan
(Jujur Prananto)
“Jadi seperti saya katakan tadi, serahkan uang yang dibawa Pak Kadirin ke saya.”
Kadirin terdiam beberapa saat, berpikir keras, kemudian berucap dengan suara pelan. “Begini, Dik. Saya bukannya tidak percaya pada penjelasan Dik Molana. Tetapi coba sekarang tolong dilihat juga masalah ini dari sisi kepentingan saya.”
“Lho, ini juga menyangkut kepentingan Pak Kadirin. Pak Kadirin sendiri tadi bilang kalau tahun ini juga nggak bakal kebagian tunjangan hari raya. Padahal uang tanda terima kasih tetap dikirim ke Pak Baskara, salah satu direktur jenderal di Departemen Energi”.
“Bukan itu maksud saya. Kalau sekarang saya berikan uang ini kepada Dik Molana, tujuan yang dimaksud Dik Molana tadi mungkin tercapai, tetapi apa tidak berarti saya harus jadi korban?”
“Korban bagaimana? Pak Kadirin justru jadi pahlawan. Ya, memang. Untuk jadi pahlawan perlu pengorbanan.””Bagaimana kalau saya tidak mau jadi pahlawan?”
“Pak Kadirin boleh tidak mau jadi pahlawan, tetapi akan dengan sendirinya jadi pahlawan kalau mau berkorban.”
“Wah tolong jangan campuradukkan anatar soal berkorban dengan urusan kewajiban saya sebagai karyawan. Udah deh. Sudah jelas ini bagian dari perbuatan illegal kok didukung. Maaf, adik-adik. Demi tugas, saya tetap merasa keberatan.”
Molana sesaat berpandangan dengan Rudi, lalu menatap Kadirin tajam-tajam.
“Kalau Pak Kadirin tidak mau, ya maaf saja, kami terpaksa bertindak dengan kekerasan.” Berkata begitu sambil Molana mengeluarkan sebilah belati dari pinggangnya, sementara Rudi mengambil sebilah parang dari balik sandaran jok.
Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia, Korrie Layun Rampan
40. Masalah yang diungkapkan dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah …
  1. Persekongkolan karyawan perusahaan yang mengalami kegagalan.
  2. Karyawan perusahaan berniat merampas uang yang dibawa bendahara.
  3. Ancaman terhadap karyawan yang membawa uang suap untuk pejabat.
  4. Niat jahat karyawan untuk merampas uang yang diambil dari bank.
  5. Keberanian dan kejujuran karyawan perusahaan yang layak diteladani.
41. Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
a.      Membela keadilan tidak perlu dengan ancaman, apalagi dengan kekerasan.
b.      Jangan mengukur harga diri seseorang melalui pangkat dan kedudukannya.
c.       Ancaman diperlukan dalam mengahadapi orang yang berbeda pendapat.
d.      Memaksakan kehendak harus diiringi kejelasan tujuan perbuatannya.
e.      Kekerasan demi kekerasan perlu dibalas dengan perbuatan yang baik.


Kutipan berikut untuk soal nomor 42 dan 43.
Bacalah penggalan drama  berikut !

Orang tua: Den saya dari desa, datang ke kota ini hanya utuk jalan-jalan saja, Den.
Yanti: Eee, sendirian saja Mbah, mana temennya….?
Orang tua  : Tidak ada temen Den, si Mbah tak perlu teman.
Yanti : Mbah, bolehkah saya bertanya …?
Orang tua   : Silakan, Den, kelihatannya gelisah.
Yanti        : Apa Mbah punya anak laki-laki di sini tadi, Mbah?
Orang tua   : Anak laki-laki. Ooooh, iya, iya. Saya melihatnya.
Yanti      : Melihatnya Mbah, sekarang ke mana?
Orang tua : Den Ayu, tenanglah Den. Siapa yang dicari kok kelihatannya tergesa-gesa. Memang, tadi si Mbah melihat dua anak laki-laki yang hendak bersenang-senang saja.
Yanti        : Dua anak laki-laki? Oh, bukan. Bukan itu yang kucari, Mbah. Hanya satu anak laki-laki Mbah.
Orang tua  : Oooh, jadi mereka bukan kakak atau adik Den Ayu?
Yanti       : Mbah, maaf sebelumnya. Jangan panggil Den Ayu. Malu kalau dipanggil, Den. Panggil saja, Yanti. Saya masih kelas I SMU Mbah. Sebentar lagi ulangan umum.
Orang tua   : ….
Yanti       : Begitu lebih enak kedengarannya. Mabah, aku ada janji dengan temanku untuk menunggu di sini.
Orang tua  : Menunggu untuk bertemu, Nak? Apa perlunya menunggu di tempat sepi ini, apa kamu enggak takut dimarahi orang tuamu?
                                    Janji, Djody M.

42. Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ….
  1. Ooo, begitu. Eee… bagaimana kalau saya panggil, Nak?
  2. Baiklah … Bagaimana kalau saya panggil, Dik saja?
  3. Bagaimana kalau memanggilku Ibu saja?
  4. Oooh, begitu. Bagaimana kalau aku menemanimu?
  5. Baiklah… bagaimana dipanggil orang tuamu?


43. Perbaikan dialog yang dicetak miring pada penggalan drama tersebut adalah ….
  1. Apakah anak laki-laki tadi mengganggumu, Mbah?
  2. Apakah anak laki-laki tadi cucumu, Mbah?
  3. Apakah melihat anak laki-laki di sini tadi, Mbah?
  4. Apakah anak laki-laki tadi mencopetmu, Mbah?
  5. Apakah menunggu anak-laki-laki tadi, Mbah?
Teks  untuk soal nomor 44 dan 45.
Bacalah penggalan cerpen  berikut!
Namanya Arya Guna, laki-laki perkasa. Dia tidak pernah takut menghadapi hidup. Apa pun bentuk tantangan yang dihadapi, dia akan menghadangnya. Dia selalu berpindah tugas dari kota satu ke kota lain, dari satu pulau ke pulau lain, bahkan dari satu negara ke negara lain. Saat mengadakan perjalanan, dia selalu mencari seseorang. Siapa tahu dapat berjumpa dengannya. Dia terobsesi dengan seorang perempuan. Arya Guna tidak bisa melupakannya. Perempuan itu bernama Dimas Prameswari.
Selama tiga puluh tahun, sejak Dimas Prameswari seakan hilang ditalan bumi. Dalam kegelisahannya di terus mencari. Cintanya kepada perempuan itu tidak tergadai. Ketika itu usia Dimas baru enam belas tahun. Dia seperti Dewi Suparbawati yang baru turun dari kayangan, cantik, anggun. Arya Guna terpesona, dia benar-benar kasmaran. Jiwa dan raganya sakit jika sehari saja tidak bertemu pujaan hatinya.
Kalau sampai sekarang Arya Guna masih terus mencari, itu karena dia yakin dapat menemukan pujaan hatinya. Dia berjuang terus hidup demi Dimas Prameswari! “Akan kucari di mana pun engkau berada Dimas. Hidupku hanya untukmu. Aku hanya mau mempunyai keturunan jika istriku adalah kamu.” Begitulah tekad Arya Guna.
Arya Guna terus mencari tanpa henti. Hingga suatu saat, dia melihat Dimas di sebuah stasiun TV yang menyiarkan secara langsung kemacetan di jalan tol Jagorawi. Dilihatnya wajah Dimas Parameswari di sebuah mobil sedang diwawancarai oleh reporter TV. Saat itu juga Arya Guna menuju pintu tol.
Dan Rembulan Itu Pun Padam, Pudji Isdriani K
44. Masalah yang diungkap dalam kutipan cerpen Dan Rembulan Itu Pun Padam tersebut adalah ….
  1. Arya Guna menuju pintu tol Jagorawi dan menyebabkan kemacetan.
  2. Arya Guna mencari dan menjumpai gadis yang dicarinya di TV.
  3. Cinta Arya Guna kepada Dimas Prameswari tidak berbalas.
  4. Dimas Prameawari menghilang dari hadapan Arya Guna.
  5. Sumpah Arya Guna untuk Dimas Prameswari.

45. Pembuktian latar suasana kegundahan hati tokoh dalam penggalan cerpen tersebut terdapat pada kalimat ….
  1. Dia berjuang terus hidup demi Dimas Prameswari yang sangat dicintainya.
  2. Arya Guna yakin dapat menemukan pujaan hatinya.
  3. Arya Guna terpesona, dia benar-benar kasmaran dan khawatir.
  4. Cintanya kepada perempuan itu tidak tergadai tetapi sangat pasti.
  5. Dalam kegelisahannya, …ia benar-benar kasmaran
Kutipan novel berikut  untuk nomor 46 dan 48.
Bacalah kutipan novel berikut!
….
“Bangsat siapa kau”, Haji Basuni membentak dengan geramnya. Ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku mundur dan menjawab. “Aku teman Umi dan Latifah.” Dan tiba-tiba benciku timbul terhadap haji itu.
“Tapi, aku larang dekati mereka, mengerti anak miskin?”
Betapa tersinggungnya aku mendengar kata-kata terakhir dari haji itu. Tapi aku tak berani dan tak bisa berbuat apa-apa selain kecut dan mendongkol.
Sesudah haji itu meninggalkan aku dan baru saja aku melangkah, dari rumah Umi terdengar suara gaduh diiringi tangis perempuan, dan itu suara Umi. Ia melolong-lolong dalam selang bentak dan rotan.
46. Konflik yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah tokoh aku ….
  1. Melarang anaknya berhubungan dengan laki-laki
  2. Dilarang berhubungan dengan anak Haji Basuni
  3. Geram dan tersinggung dengan ucapan Haju Basuni
  4. Meninggalkan rumah dengan marah-marah
  5. Mendengar Umi dihajar bapaknya
47. Penyebab konflik dalam kutipan novel tersebut adalah tokoh aku ….
  1. Membenci Haji Basuni
  2. Anak orang miskin
  3. Tersinggung dengan perkataan Haji Basuni
  4. Menyukai Umi dan Latifah
  5. Berteman dengan Latifah
48. Peristiwa yang terjadi akibat konflik adalah ….
  1. Tokoh aku dilarang berhubungan dengan Umi.
  2. Tokoh aku dilarang berhubungan dengan Latifah.
  3. Latifah dipukuli Haji Basuni sehingga meninggal.
  4. Umi dibentak dan dihajar Haji Basuni.
  5. Tokoh aku meninggalkan rumah dengan marah.


Kutipan berikut  untuk soal nomor 49 dan 50.
Bacalah dengan seksama  kutipan Hikayat Bayan Budiman  berikut!
Alkisah seorang raja Hindustan bernama Gair Malik yang mempunyai dua anak laki-laki bernama Sahil dan Naim. Walaupun istri baginda telah meninggal tujuh tahun yang lalu, Baginda masih lagi keseorangan. Suatu hari, Gair malik bermimpi bertemu seorang putrid cantik rupawan yang muncul dari dalam laut. Baginda meminta kepada kedua puteranya untuk mencari puteri itu untuk dijadikan istri Baginda. Sahil dan Naim pun berlayar ke negeri seberang. Dalam perjalanan, rebut taufan telah mengahancurkan kapal mereka. Sahil terselamatkan, sementara Naim hilang di dalam kemalangan tersebut. Sahil pulang ke istana dengan berita sedih.
Sebenarnya Naim selamat dan mendarat di sebuah negeri. Ia bertemu denga seorang sheikh dan menceritakan hajat perjalanannya. Syeikh itu memberitahu bahwa puteri itu adalah Puteri Raja Jin Afrit yang sedang berperang dengan Raja jin kafir Arkas. Syeikh mengajar Naim dengan doa taju”s-Sulaiman untuk menghadapi jin itu. Di dalam perlawanan itu, Naim berjaya mengalahkan Raja Jin Kafir Arkas sehingga Raja Jin Afrit mengucapkan terima kasih dengan menyerahkan puterinya untuk dipersunting oleh ayahanda Naim. Setelah perkawinan tersebut, hubungan kedua kerajaan tadi menjadi sangat baik, tidak ada lagi peperangan. Masing-masing menghormati di antara satu sama lain.
49. Watak Sahil dan Naim dalam kutipan tersebut adalah….
a.      Tunduk kepada peraturan
b.      Patuh kepada orang tua
c.       Setia kepada kerajaan
d.      Tegar menghadapi cobaan
e.      Selalu menepati janji

50. Amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ….
  1. Berterimakasihlah kepada orang yang telah menyelamatkan kita.
  2. Kasihilah orang yang telah memberikan bantuan kepada kita.
  3. Taklukkan musuh dengan mengambil simpati orang tersebut.
  4. Janganlah menyerah sebelum menghadapi suatu pertempuran.
  5. Berkorbanlah untuk kebahagiaan orangtuamu.





                                                                                                                                                                                                    
                                                Semoga Allah Selalu Bersama Kita.