PENULISAN NASKAH SOAL UJIAN
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN TANGERANG DAN KOTA TANGERANG SELATAN
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Program : XI IPA/IPS
Alokasi
Waktu : 120 menit
Teks khotbah berikut dipergunakan
untuk soal nomor 1-2. Bacalah dengan saksama!
Kita
menyadari bahwa terwujudnya suatu masyarakat tidak dapat dipisahkan dari unsur
tetangga sebagai saudara terdekat dan kerabat sendiri. Tetangga sebagai saudara
dekat mempunyai tempat khusus dalam suatu agama sehingga baik buruknya
bertetangga merupakan ukuran iman seseorang. Orang yang beriman pasti dapat
menjaga citra baik tetangganya dan sebaliknya, orang yang tidak beriman akan
senang membicarakan keburukan tetangganya. Apabila kita termasuk ke dalam
golongan yang senang membicarakan keburukan tetangganya, bersiaplah, Tuhan tak
segan-segan akan memberikan azab dari perbuatan kita sendiri.
1.
Isi
pokok dari penggalan khotbah di atas adalah ….
A.
berhubungan
baik dengan tetangga
B.
hidup
bermasyarakat
C.
menjalin
silahturahmi kepada orang yang beriman
D.
keharusan
untuk selalu beriman kepada Tuhan
E.
menghindari
perbuatan yang buruk kepada setiap manusia
2.
Ringkasan
yang tepat dari khotbah di atas adalah …
A.
Sebagai
masyarakat, kita harus dekat dengan tetangga.
B.
Kita
harus menjalin hubungan baik dengan tetangga sebagai wujud kita beriman.
C.
Kita
harus menjalin silahturahmi kepada tetangga yang beriman.
D.
Tetangga
yang beriman sebagi saudara dekat kita.
E.
Terwujudnya
suatu masyarakat mempunyai tempat khusus dalam suatu agama.
Penggalan wawancara di bawah ini
untuk soal nomor 3-6. Bacalah dengan saksama!
Pewawancara : Kita sering mendengar orang menderita
sakit kepala sebelah. Apa
maksudnya, Pak?
Narasumber : Oh, itu disebut migren. Migren artinya sakit kepala sebelah.
Memang hanya
satu sisi kepala saja yang sakit.
Pewawancara : Benarkah rasanya lebih sakit daripada
sakit kepala biasa?
Narasumber : Ya, benar. Migren lebih sakit ketimbang sakit kepala biasa.
Kepala berdenyut-
denyut seperti ditusuk-tusuk.
Pewawancara : …
Narasumber : Istirahat yang cukup, kompres kepala dengan air hangat,
jauhi sumber-sumber
penyebab migren, dan biarkan
leher rilek
3.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dari wawancara tersebut adalah
A.
Apa
yang harus dilakukan agar seseorang tidak terkena migren?
B.
Apa
yang harus dilakukan untuk menjauhi migren?
C.
Bagaimana
tips sederhana untuk mengatasi migren?
D.
Mengapa
seseorang dapat terkena migren?
E.
Bagaimana
cara yang tepat untuk menghindari migren?
4.
Isi
pokok wawancara tersebut membahas
masalah
A.
pengertian
migren dan penyebabnya
B.
perbedaan
migren dan sakit kepala
C.
migren
dan cara menjauhinya
D.
pengertian
migren dan cara mengatasinya
E.
mingren
dan cara pencegahannya
5.
Rangkuman
yang tepat dari wawancara di atas adalah
A.
Penjelasan
narasumber tentang migren dan cara mengatasinya
B.
Apabila
terkena migren seseorang merasakan kepalanya seperti ditusuk-tusuk
C.
Migren
dapat disembuhkan dengan cara istirahat yang cukup dan kompres kepala dengan
air hangat
D.
Penyebab
migren bisa disebabkan oleh stress dan kurang tidur
E.
Mingren
adalah penyakit kepala sebelah yang rasanya lebih sakit daripada sakit kepala
biasa. Migren dapat diatasi dengan cara istirahat yang cukup, kompres kepala
dengan air hangat, jauhi sumber-sumber penyebab migren, dan biarkan leher rilek
6.
Narasumber
yang sesuai untuk kegiatan wawancara tersebut adalah
A.
seorang
psikolog D. seorang pionis
B.
seorang
mantri E. seorang dokter
C.
seorang
doktor
7.
Tema
wawancara : tertib hukum lalu lintas di jalan raya
Kalimat
Tanya yang sesuai dengan tema wawancara di atas adalah
A.
Siapakah
yang bertanggung jawab terhadap tertib hukum lalu lintas di jalan raya?
B.
Hukuman
seperti apa bagi mereka yang melanggar rambu-rambu lalu lintas?
C.
Hal-hal
apa saja yang berpengaruh terhadap tertib hukum lalu lintas?
D.
Bagaimana
upaya menggalakan kesandaran tertib hukum lalu lintas di jalan raya?
E.
Bagaimana
upaya kepolisian dalam menyikapi pelanggaran rambu-rambu lalu lintas?
Artikel ini dipergunakan untuk menjawab
soal nomor 8 dan 9. Bacalah dengan saksama!
Saat tubuh mencerna makanan,
sebenarnya bukan hanya lambung dan usus saja yang bekerja keras. Ada organ lain
yang tidak kalah sibuknya. Salah satunya kantung (kandung) empedu. Kantung
empedu ikut membantu mencerna lemak makanan. Apakah jadinya jika ternyata
kantung empedu rusak?
Menurut
Prof. Dr. H. M. Syaifullah, gangguan di kantung empedu bisa berupa infeksi
saluran empedu dan adanya batu di kantung atau saluran empedu. Biasanya
penyakit ini diderita oleh para wanita yang berumur 40 tahun. Penyebabnya
adalah komposisi makanannya, misalnya goreng-gorengan yang banyak mengandung
kolesterol
8.
Isi
pokok artikel yang tepat adalah
A.
Menjaga
kesehatan dengan memperhatikan makanan.
B.
Empedu
sebagai organ yang paling vital dalam pencernaan
C.
Fungsi
empedu dan gangguan yang sering terjadi di dalamnya
D.
Penyakit
empedu dan penyebabnya
E.
Kesibukan
empedu selama proses pencernaan
9.
Hal
yang menarik dari artikel di atas adalah
A.
Empedu
adalah satu-satu organ tubuh yang memiliki andil besar dalam pencernaan
makanan. Karena itulah, empedu seseorang sering mengalami gangguan.
B.
Jangan
menyepelekan empedu! Organ tubuh manusia yang satu ini memiliki tanggung jawab
besar dalam dalam pencernaan makanan
C.
Empedu
adalah bagian dari organ tubuh manusia. Karena itulah, fungsi empendu sangat
penting
D.
Orang
bisa mengidap batu empedu karena kegemukan dan terlalu banyak mengonsumsi
makanan yang mengandung kolesterol
E.
Penyakit
yang sering dirasakan oleh manusia pada organ empedu adalah infeksi empedu dan
batu empedu.
10. Perhatikan petunjuk melakukan wawancara
di bawah ini!
(1)
Mengajukan
pertanyaan dengan jelas, tegas, dan kritis
(2)
Mencatat
butir-butir pokok jawaban narasumber dengan cepat dan cermat
(3)
Memberikan
catatan jawaban wawancara kepada narasumber untuk diperiksa
(4)
Menyimak
secara sungguh-sungguh uraian jawaban yang diberikan narasumber
(5)
Melakukan
persiapan dan perencanaan dengan matang
Apabila kelima
petunjuk melakukan wawancara di atas disusun secara sistematis, susunan yang
baik adalah ….
A.
(5),
(1), (4), (2), (3) D. (5), (2), (1), (4), (3)
B.
(5),
(3), (1), (4), (2) E. (5), (1), (3), (4), (3)
C.
(5),
(1), (2), (4), (3)
Paragraf
berikut dipergunakan untuk mengerjakan soal nomor 11-13. Bacalah dengan saksama!
(1) Polisi dan
masyarakat ibarat subjek sekaligus objek yang tak mungkin terpisahkan. (2)
Polisi lahir karena adanya masyarakat. (3) Masyarakat butuh polisi guna menjaga
ketertiban dan keteraturan. (4) Demikian lahirnya teori polisi (politas) pada zaman Yunani Kuno sampai lahirnya teori kepolisian moderen dewasa ini. (5) Karena itu, boleh saja suatu negara tidak
memiliki angkatan perang, tetapi tidak ada satu negara pun yang tidak memiliki
angkatan kepolisian.
11. Gagasan utama paragraf di atas
adalah
A.
Peranan
polisi dan masyarakat tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan.
B.
Polisi
lahir karena pengajuan masyarakat
C.
Polisi
sudah ada pada saat zaman Yunani Kuno
D.
Setiap
negara memiliki angkatan kepolisian
E.
Masyarakat
butuh polisi
12. Berdasarkan letak kalimat
utamanya, paragraf di atas termasuk jenis paragraf …
A.
naratif D. induktif
B.
deskriptif E. variatif
C.
deduktif
13. Paragraf di atas, terdapat
penulisan kata yang tidak baku. Apabila diperbaiki, penulisan yang tepat adalah
…
A.
mengubah
kata objek dan subjek menjadi obyek dan subyek (dalam kalimat 1).
B.
mengubah
kata moderen menjadi modern (dalam kalimat 4).
C.
mengubah
kata zaman menjadi jaman (dalam kalimat 4).
D.
mengubah
kata teori menjadi tiore (dalam kalimat 4).
E.
mengubah
kata subjek menjadi subyek (dalam kalimat 1).
14. Perhatikan kalimat-kalimat di
bawah ini!
1.
Sensus
terakhir terhadap kucing besar paling langka di dunia itu menunjukan hanya
terdapat tiga puluh yang masih hidup di alam bebas.
2.
Kawasan
hidup macan tutul ini menyusut akibat pembalakan liar dan hilangnya habitat
mereka
3.
Populasi
macan tutul semakin menipis
4.
Macan
tersebut dikhawatirkan akan punah
Agar menjadi paragraf deduktif
secara sistematis, penyusunan yang benar adalah ….
A.
(1),
(2), (4), (3) D. (3), (1), (4), (2)
B.
(2),
(1), (3), (4) E. (1), (2), (3), (4)
C.
(3),
(4), (2), (1)
15. Perhatikan hal-hal berikut ini!
(1) Pandangan mata terfokus pada
naskah
(2) Posisi duduk rileks/santai
(3) Posisi duduk merunduk
(4) Mata sebentar ke teks selanjutnya
menatap pemirsa
(5) Penampilan rapi
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam membacakan berita adalah pernyataan nomor ….
A. (1) – (2) – (3) D. (2) – (3) – (4)
B. (1) – (3) – (4) E. (3) – (4) – (5)
C. (2) – (4) – (5)
16. Perhatikan penggalan berita
berikut!
Tuti siswa SMAN 99 Jakarta ditemukan
meninggal di pinggir Sungai Cisadane. Polisi meyakini bahwa korban diperkosa
setelah pulang sekolah.
Penjedaan yang tepat pembacaan
berita di atas adalah …
A.
Tuti/
siswa SMAN 99 Jakarta/ ditemukan meninggal di pinggir Sungai Cisadane// Polisi
meyakini bahwa korban diperkosa setelah pulang sekolah//
B.
Tuti//
siswa SMAN 99 Jakarta// ditemukan meninggal di pinggir Sungai Cisadane// Polisi
meyakini bahwa korban diperkosa setelah pulang sekolah/
C.
Tuti/
siswa SMAN 99 Jakarta// ditemukan meninggal di pinggir Sungai Cisadane/ Polisi
meyakini bahwa korban diperkosa setelah pulang sekolah/
D.
Tuti/
siswa SMAN 99 Jakarta/ ditemukan meninggal di pinggir Sungai Cisadane// Polisi
meyakini bahwa korban diperkosa setelah pulang sekolah/
E.
Tuti/
siswa SMAN 99 Jakarta// ditemukan meninggal di pinggir Sungai Cisadane// Polisi
meyakini bahwa korban diperkosa setelah pulang sekolah/
17. Melalui lomba pidato, siswa
diharapkan dapat menyalurkan kemampuan dalam berbahasa Indonesia dengan lebih
terarah. Melalui lomba ini siswa juga belajar mengenai sportivitas, ketekunan,
keuletan dalam mencapai tujuan. Di samping itu kegiatan ini dapat memupuk rasa
percaya diri karena siswa lebih banyak berlatih membaca dan menggunakan bahasa
Indonesia dengan tepat, baik, dan benar.
Penggalan
proposal di atas merupakan bagian ….
A.
latar
belakang D. anggaran yang diperlukan
B.
bentuk
kegiatan E. tujuan kegiatan
C.
tema
kegiatan
18. Demikian proposal acara Pentas
Seni ini kami buat untuk dijadikan referensi dalam penyelenggaraan acara. Saya
sangat mengharap bantuan dana dari Bapak/Ibu dalam pelaksanaan acara tersebut.
Kutipan penutup proposal di atas
kurang tepat. Perbaikan yang sesuai adalah …
A.
Demikian proposal acara Pentas Seni ini kami
buat untuk dijadikan bahan referensi
dalam penyelenggaraan acara. Kami sangat
mengharap bantuan dana dari Bapak/Ibu dalam pelaksanaan acara tersebut.
B.
Demikian
proposal acara Pentas Seni ini kami buat untuk dijadikan referensi dalam
penyelenggaraan acara. Saya sangat mengharap patisipasi dan dukunganBapak/Ibu
dalam pelaksanaan acara tersebut.
C.
Demikian
proposal acara Pentas Seni ini kami buat untuk dijadikan pertimbangan dalam penyelenggaraan acara. Kami sangat mengharap bantuan dana dari bapak/ibu dalam pelaksanaan
acara tersebut.
D.
Demikian
proposal acara Pentas Seni ini kami buat untuk dijadikan pertimbangan dalam penyelenggaraan acara. Kami sangat mengharap partisipasi
dan dukungan Bapak/Ibu dalam
pelaksanaan acara tersebut.
E.
Demikian
proposal acara Pentas Seni ini kami buat untuk dijadikan pertimbangan dalam penyelenggaraan acara. Kami sangat mengharap sumbangsi
dari bapak/ibu dalam pelaksanaan acara tersebut. Kalau bukan dari bapak/ibu
acara ini tidak akan terlaksana.
19. Di bawah ini adalah salah satu
jenis dari surat niaga adalah
A.
memorandum D. surat perjanjian jual beli
B.
surat
kuasa E. surat lamaran kerja
C.
surat
pelelangan tanah
20. Surat Perjanjian Jual Beli
Selaku
pihak kedua, selanjutnya di sebut pembeli dengan ini menerangkan telah mufakat
sebagai berikut (1)
Pasal
1
Penjual menjual kepada pembeli,
sebagaimana pembeli membeli dari penjual sebuah rumah tempat tinggal milik
penjual yang terletak di kota Serang terkenal dengan jalan Ahmad Yani No 17
yang diketahui benar-benar oleh pembeli. (2)
Perjanjian
ini dibuat dan ditandatangani dalam rangkap dua yang kedua-duanya mempunyai
kekuatan hukum yang sama (3)
Bagian dari surat
perjanjian jual beli (yang ditujukan pada no 1,2dan 3) di atas adalah
A.
sumber
hukum, pasal-pasal, dan penutup surat
B.
identitas
surat, pasal-pasal, dan penutup surat
C.
kesepakatan
kedua pihak, pasal-pasal, dan penutup surat
D.
kesepakatan
kedua pihak, wewenang penjual, dan punutup surat
E.
kesepakatan
kedua pihak, bukti penjualan, dan sanksi hukum
21. Judul karya tulis: apresiasi puisi
dan drama untuk tingkat sma
Penulisan judul karya tulis yang
benar adalah …
A.
Apresiasi
puisi dan drama untuk tingkat sma
B.
Apresiasi
Puisi dan Drama untuk Tingkat SMA
C.
Apresiasi
Puisi Dan Drama Untuk Tingkat Sma
D.
Apresiasi
puisi dan drama untuk tingkat SMA
E.
Apresiasi
Puisi dan Drama untuk tingkat SMA
22. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi. Tuhan
pencipta semesta alam karena atas izin
serta kuasa-Nya dan juga
keridhoan-Nya penulis dapat
menyusun laporan yang
berjudul : “Tanggapan para Remaja
Mengenai Peranan Orang Tua dalam Pemahaman Cinta pada Anak”.
Dalam
menyusun penelitian ini, penulis tidak bisa terlepas dari beberapa pihak yang
membantu sehingga penelitian ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu penulis
mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak yang membantu penulis dalam
penyusunan penelitian ini.
Penggalan
karya tulis di atas merupakan bagian ….
A.
Kata
pengantar D. rumusan masalah
B.
Latar
belakang E. tinjauan materi
C.
Tujuan
masalah
23. Perhatikan unsur-unsur penulisan
daftar pustaka berikut!
1.
nama
penerbit
2.
nama
pengarang
3.
judul
buku
4.
kota/tempat
terbit
5.
tahun
terbit
Penulisan urutan daftar pustaka yang tepat adalah ….
A.
2
– 3 – 5 – 4 – 1 D. 3 – 5 –
3 – 1 – 4
B.
2
– 5 – 3 – 4 – 1 E. 4 – 5 –
3 – 2 – 1
C.
3
– 2 – 4 – 5 – 1
24. Perhatikan data buku berikut!
Judul :
Telegram Modern
Kota penerbit :
Jakarta
Penulis :
Putu Wijaya
Tahun terbit :
1980
Penerbit :
Pustaka Jaya
Penulisan daftar
pustaka yang benar adalah …
A.
Putu
Wijaya. 1980. Telegram Modern.
Jakarta: Pustaka Jaya.
B.
Wijaya,
Putu. 1980. Telegram Modern. Jakarta:
Pustaka Jaya.
C.
Wijaya,
Putu. 1980. Telegram Modern. Jakarta; Pustaka Jaya.
D.
Wijaya,
Putu. Telegram Modern. I980. Jakarta:
Pustaka Jaya.
E.
Wijaya, Putu. Telegram modern. 1980. Jakarta:
Pustaka Jaya.
25. Perhatikan data buku di bawah ini!
Judul buku :
Pengajaran Pragmatik
Pengarang :
Henry Guntur Tarigan
Tahun terbit :
1990
Tempat terbit :
Jakarta
Penerbit :
Angkasa
Halaman :
18
Jika buku sumber tersebut
dijadikan rujukan dalam karya tulis, penulisan catatan kaki yang tepat adalah …
A.
Tarigan,
Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Jakarta: Angkasa. Hlm. 18.
B.
Henry
Guntur Tarigan, Pengajaran Pragmatik,
Angkasa, Jakarta, 1990, hlm. 18.
C.
Henry
Guntur tarigan. (Jakarta: Angkasa, 1990), PengajaranPragmatik.
Hlm. 18.
D.
Henry Guntur Tarigan, PengajaranPragmatik
(Jakarta: Angkasa, 1990), hlm 18.
E.
Tarigan,
Henry Guntur, PengajaranPragmatik
(Jakarta: Angkasa, 1990), hlm. 18.
Kutipan
drama berikut dipakai untuk mengerjakan soal no. 26 s.d. 29. Bacalah dengan
saksama!
Dokter : Permisi (menghampiri ayah)
bagaimana keadaan pak Sugeng sekarang?
Ayah : (berkata
dalam hati) Ah bedebah, mau apa
kecoa ini datang lagi kerumahku. Apa dia masih kurang dengan roti yang setiap
kali ibu sugukan untuknya. Aku merasa muak melihat mukanya.Aku ingin lemparkan
gelas ini ke mukanya.
Seperti yang kau lihat, aku masih
hidup. Malaikat masih mau bernyanyi untukku dan pagi masih mau menyapaku. Aku
ini lebih hebat dari Chairil Anwar Dok. Kalau Chairil Anwar ingin hidup 1000
tahun lagi, sedangkan aku bisa mencapai 10.000 tahun lagi. Mungkin menunggu bintang-bintang
di langit berwarna merah.
Dokter : Syukur kalau sperti itu. Sebelumnya aku mohon maaf karena kali
ini aku menemui Pak Sugeng tidak menggunakan pakaian merah-merah.
Ayah : Ah bukannya kau senang membuat aku kesel.
Kalau aku bisa berdiri normal akan kutedang kau keluar. Dan kalau ibu
mengizinkan aku untuk membunuhmu akan kubunuh kau.
Dokter : Sekali lagi aku minta maaf. Kebetulan pakaian merah-merah aku
kotor. Jadi aku tidak memakainya. Belum sempat aku cuci
Ayah : Kau beraninya mencampurkan pakaian merah-merah kebesaranku
dengan pakaian yang lain. Pakaian kotor
pula.
Dokter : Aku mohon maaf aku tak bermaksud seperti itu. Nanti habis pulang
dari sini aku akan mencucinya. Kalau perlu aku akan beri pewangi dan bunga
tujuh warna sebagai permohonan maaf aku kepada pakaian itu.
Ayah : Bagus. Itu lebih baik.
Dokter : Kalau seperti itu, aku minta izin untuk menyuntik bapak.
Ayah : Kau mau apa? Kau mau menyuntik apa membunuhku? Biarpun aku
terbaring Dok, hidup aku masih berharga.Jika kau mau menyuntik aku, biar yang
menyuntik calon menantuku.Aku lebih percaya dengan dia ketimbang dengan kau.Dia
juga perawat.Jadi ahli dalam suntik menyuntik.
26. Watak tokoh ayah dalam kutipan di
atas adalah ….
A.
susah
diatur D. sombong dan keras kepala
B.
tegas E. pendedam
C.
jahat
27. Amanat yang sesuai dari kutipan
drama di atas adalah ….
A.
Rasa
dendam hanya akan menciptakan permusuhan yang semakin meruncing
B.
Orang
sakit hendaklah menuruti semua apa perkataan dokter
C.
Memberi
orang kesempatan akan kesalahan yang pernah dilakukannya adalah perbuatan mulia
D.
Bersikaplah
sopan terhadap orang lain agar dia dapat bersikap sopan kepada kita
E.
Buanglah
rasa sombong dan keras kepala karena akan merugikan diri sendiri dan tidak
disukai banyak orang
28. Konflik yang tergambar dari
penggalan drama di atas adalah
A.
Ketidaksukaan
tokoh ayah kepada setiap dokter yang mengobatinya
B.
Ketidakpercayaan
tokoh ayah kepada orang yang tidak dikenal meskipun dia sorang dokter
C.
Rasa
dendam ayah kepada seorang dokter yang telah membuat ia tambah sakit
D.
Keegoisan
tokoh ayah terhadap apa yang diperintahkannya
E.
Kecemburuan
dan kebencian tokoh ayah kepada seorang dokter yang tidak memakai baju merah
sesuai dengan keinginan tokoh ayah.
29. Tahapan alur yang tersaji dalam
kutipan drama di atas adalah
A.
preposisi
(pengenalan tokoh) D. klimak (puncak masalah)
B.
konflikasi
(pengenalan masalah) E. konsklusi (kejelasan akhir tokoh)
C.
antiKlimak
(penurunan masalah)
Penggalan Hikayat di bawah ini
dipergunakan untuk mengerjakan soal nomor 30-33.
Bacalah dengan saksama!
Hai anakku, jangan
beringin-ingin peperangan. Jikalau muda sekalipun ketahui bahwa segala
perbuatan ini niscaya berbalas jua. Maka pelihara engkau kan akhir pekerjaan,
bahwa bahaya itu terkejut datangnya. Maka seyogianya engkau dari dahulu
pelihara daripadanya dan perteguh olehmu barang kata yang keluar daripada
mulutmu dengan akalmu.
(Hikayat Iskadar Zulkarnaen)
30. Karakteristik yang menunjukkan
bahwa kutipan di atas termasuk hikayat adalah ….
A. menceritakan kehidupan para raja
B. menggunakan bahasa klise
C. berlatar belakang mengenai
kerajaan
D. berisi mengenai nasihat
E. mengandung nilai religi
31. Amanat yang terdapat pada hikayat
di atas adalah ….
A.
bersungguh-sungguhlah
dalam bekerja
B.
jagalah
perkataanmu dari hal-hal yang tak pantas diucapkan
C.
berkatalah
dengan penuh kejujuran
D.
hindari
peperangan yang tak perlu
E.
berdamailah
dengan sesama
32. Tokoh ibu dalam kutipan hikayat
di atas memiliki sifat ….
A.
sabar D. sayang terhadap anak
B.
bijaksana E. suka menolong
C.
pemarah
33. Nilai sosial yang terkandung
dalam kutipan hikayat di atas adalah ….
A. setiap orang hendaklah selalu
menjaga persahabatan bukan permusuhan
B. setiap pekerjaan itu, ada
bahayanya maka berhati-hatilah dalam bertindak
C. setiap terjadi peperangan pasti
akan timbul pembalasan
D. segala kata yang akan terucap
harus dilandasi dengan pikiran dan penuh pertimbangan
E. segala perbuatan hendaklah
dipikirkan secara bersama-sama
Kutipan novel di
bawah ini dipergunakan untuk mengerjakan soal nomor 34-35. Bacalah dengan
saksama!
“Biarlah
ini sudah nasib kita. Janganlah marah apalagi dendam” kata ayah. “Tapi, Yah.
Mereka itu keterlaluan, kita dikatakan orang yang tak tahu diuntung. Memangnya
apa yang telah mereka berikan pada kita”, ibu masih kelihatan marah. Raut
mukanya masih tetap merah.“Bu, kejahatan kalau dibalas dengan kejahatan tidak akan
ada artinya. Biarlah Tuhan Yang Mahakuasa
memberikan pelajaran kepada siapa saja yang bersalah.
34. Latar suasana yang tergambar
dalam kutipan novel di atas adalah ….
A.
sedih
dan kesal D. khawatir
B.
mengharukan E. gundah
C.
emosi
35. Watak ayah dalam kutipan novel tersebut
adalah ….
A.
penuh
perhitungan D. selalu pasrah
B.
sabar
dalam bertindak E. suka menolong
C.
penuh
perhatian
Kutipan
novel di bawah ini dipergunakan untuk mengerjakan soal nomor 36-38. Bacalah
secara saksama!
Janda
Healey telah mengirim Kepala Polisi Kurtz sebuah telegram sederhana yang berisi
rencana-rencana perempuan itu. Dia pasti mempunyai maksud tertentu mengapa
memberitahu Kurtz lewat telegram, karena telah jamak diketahui bahwa banyak
mata di kantor polisi akan membacanya sebelum pesan tersebut sampai ke tangan
atasan mereka. Dia mengirim tulisan kelima Koran Boston, tulisnya pada Kurtz,
yang menjelaskan kematian suaminya dengan sebenar-benarnya menawarkan hadiah
kepada siapa saja yang dapat memberikan informasi demi tertangkapnya pembunuh
suaminya.
36. Hal yang mencirikan bahwa kutipan
novel di atas termasuk novel terjemahan adalah ….
A.
unsur
intrinsik
B.
unsur
ekstrinsik
C.
nama
tokoh dan latar tempat
D.
unsur
amanat
E.
unsur
tipografi
37. Sudut pandang yang digunakan
dalam kutipan novel terjemahan di atas adalah ….
A.
orang
pertama D. orang ketiga
B.
orang
kedua E. orang pertama pelaku utama
C.
orang
pertama dan ketiga
38. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan
novel terjemahan di atas adalah ….
A.
Bersikaplah
sopan terhadap seseorang yang akan membantu kita
B.
Hindari
sikap korupsi dalam suatu instansi
C.
Bersikaplah
royal kepada orang yang akan membantu kita
D.
Meminta
bantuan tidak semestinya lewat telegram karena memicu prasangka negatif
E.
Meminta
bantuan tidak mesti melakukan tindakan suap-menyuap
39. Perhatikan
penggalan resensi berikut!
Adalah nyata bahwa tema yang
dibicarakan dalam Ladang Perminus tetap aktual di Indonesia dan diminati para
remaja. Inilah yang membuat novel tersebut penting untuk dibaca bahkan patut
dijadikan bahan-bahan pelajaran anak muda. Misalnya anak-anak SMA. Dalam
penulisannya penulis amat piawai dalam memilih kata-kata sehingga terbilang simpel
dan mudah dipahami.
Unsur
yang paling menonjol dari kutipan resensi di atas adalah ….
A.
sinopsis D. kelemahan
B.
kepengarangan E. masalah buku
C.
keunggulan
40. Di bawah yang bukan bagian dari
unsur-unsur sebuah rensensi ….
A.
Identitas
buku D. biografi pengarang buku
B.
Sinopsis
buku E. keunggulan dan kekurangan buku
C.
tujuan
pengarang
URAIAN
41. Tema wawancara: tawuran antar
pelajar
Buatlah daftar pertanyaan
wawancara dengan memerhatikan unsur 5W 1H sesuai
tema tersebut minimal 5 pertanyaan!
42. Bacalah paragraf berikut dengan
saksama, kemudian tentukan gagasan pokok dan gagasan penjelasnya!
(1)
Kota
Liwa yang pada tahun 1990 diresmikan sebagai ibu kota Kabupaten Lampung Barat
porak poranda. (2) Hal ini disebabkan gempa tektonik yang terjadi pada 16
Februari 1994 sekitar pukul 00.10. (3) Gempa tersebut menyebabkan ratusan
penduduk tewas dan ribuan orang terluka berat dan ringan. (4) Selain itu,
kurang lebih 80% rumah penduduk dan bangunan perkantoran rusak berat. (5)
Begitu juga jalan menuju ke lokasi bencana mengalami rusak berat. (6) Hal itu
akan menyebabkan kesulitan dalam pengiriman bantuan maupun penyelamatan
43. Sebutkan unsur-unsur proposal
secara lengkap!
44. Kepala bagian keuangan PT Sate
Bandung, Agus Rahmat Syarifudin, S.E., yang beralamat di jalan Ir. Suprapto 23
Bandung, tidak dapat mengambil uang tagihan sebesar RP3.500.000,00 atas faktur
no. 0045 tanggal 20 Nopember 2012. Oleh karena itu ia membuat surat kuasa
kepada Halim Sujadi selaku Kepala Subbagian Pembayaran yang beralamat di
kompleks Hegar jalan Sukma 34 Bandung.
Buatlah
surat kuasa yang dimaksud!
45. Perhatikan data buku di bawah
ini!
No
|
Judul Buku
|
Pengarang
|
Tempat
Penerbit
|
Penerbit
|
Tahun
|
1
|
Jurnalisme Sastra
|
Septiawan Santana Kurnia
|
Jakarta
|
Gramedia
|
2002
|
2
|
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia
|
Hasan Alwi,
Ahmad Saprudin,
dan Surya Abadi
|
Jakarta
|
Balai Pustaka
|
1988
|
3
|
Menulis Surat Dinas
|
Engkos Kosasi dan Ice Sutari
|
Bandung
|
Yrama Widaya
|
2003
|
Buatlah daftar pustaka secara
sistematis berdasarkan data di atas!